Sabtu 20 Oct 2012 19:16 WIB

GP New Jersey tak Penuhi Standar F1

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Chairul Akhmad
 Bos F1 Bernie Ecclestone
Foto: AP Photo
Bos F1 Bernie Ecclestone

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Rencana perhelatan GP New Jersey, Amerika Serikat, pada tahun depan dipastikan tidak masuk kalender Formula One (F1).

Bos F1 Bernie Ecclestone memutuskan menunda balapan yang dihelat di jalan raya New Jersey itu setidaknya hingga 2014. Dihapuskannya GP New Jersey berarti musim depan balapan F1 hanya dihelat di 19 lintasan.

Sempat muncul harapan GP Turki dimasukkan ke kalender F1, untuk mengisi kekosongan sebelum perhelatan GP Inggris pada 30 Juni 2013.

Namun, kabar itu mentah setelah Ecclestone menegaskan tidak memiliki rencana untuk mencari lintasan pengganti.

Promotor GP New Jersey, Leo Hindery Jr menjelaskan, keputusan untuk menunda balapan hingga musim depan karena pihaknya ingin memastikan ketika balapan digelar maka harus standar tertinggi.

Hindery Jr tidak ingin memaksakan digelarnya balapan dengan risiko besar gara-gara fasilitas lintasan kurang memenuhi standar baku. “Kita akan balapan di Port Imperial, sayangnya hanya (jadwalnya) tidak secepat yang kita harapkan.”

Untuk meredam kekecewaan, Jersey Journal memberitakan bahwa promotor balapan sedang mengerjakan pembangunan sirkuit jalan raya dan mempersiapkan izin menggelar F1 dari pemerintah kota setempat.

“Kita telah berjanji kepada Gubernur Christie, kota ini, dan fans internasional tentang kemungkinan pengalaman terbaik, dan sayangnya kita perlu waktu tambahan untuk memastikan itu terjadi,” kata Hindery Jr.

Ia memahami kekecewaan yang ditujukan kepadanya. Namun, keputusan itu diambil demi kebaikan bersama. “Kita tetap 100 persen berkomitmen untuk menyelenggarakan Grand Prix Amerika di Port Imperial.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement