Jumat 19 Oct 2012 21:39 WIB

ROL to Campus Sambangi UIN Sunan Gunung Djati

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany
  Kepala Republika Online, Irwan Ariefyanto saat menyampaikan materi Republika Online Journalism Traning di Kampus UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Jumat (19/10).
Kepala Republika Online, Irwan Ariefyanto saat menyampaikan materi Republika Online Journalism Traning di Kampus UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Jumat (19/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Setelah sebelumnya menyambangi UIN Syarif Hidayatullah, kini giliran Universitas Sunan Gunung Djati yang dikunjungi Tim ROL to Campus pada Kamis (18/10).

Kali ini, tim ROL to Campus menggelar acara pelatihan jurnalistik ke 100 mahasiswa. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Aula Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas  Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat.

Seperti Rol to Campus sebelumnya, acara pelatihan berlangsung selama sehari. Selama sehari, mahasiswa diberikan materi teknik menulis, fotografi dan video. Tak hanya sekedar teori, para mahasiswa juga langsung ditantang untuk menulis apapun, yang selanjutnya akan dimuat dalam kanal Rol To Campus, www. republika.co.id. Acara Rol To Campus, merupakan program Republika Online yang dikhususkan kepada para mahasiswa.

Dalam program itu, para mahasiswa diberikan materi dan praktek yang langsung dibimbing oleh wartawan Republika Online. Program ini sendiri bertujuan untuk mengasah kemampuan tulis-menulis para mahasiswa, sebuah kemampuan yang tentu harus dimiliki mahasiswa.

''Para peserta sangat atraktif dengan pelatihan tersebut. Menurut mereka ROL to Campus sangat keren dan bermanfaat. Apalagi, acara tersebut baru pertama kali diadakan di kampus tersebut,'' kata Andriyanto, Kepala Marketing ROL.

Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa dari luar Universitas Gunung Djati. ''Ada yang unik dari ROL to Campus kali ini. Ada peserta dari Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta yang rela datang jauh-jauh. Ini surprise bagi kami,'' kata dia.

Redaktur Pelaksana Republika Online, M. Irwan Ariefyanto mengatakan pelatihan Rol to Campus merupakan bentuk kepedulian dari Republika Online (ROL) berbagi tentang ilmu tulis- menulis.

"Kami melihat aktivitas menulis para mahasiswa belum optimal. Harapannya, melalui pelatihan ini akan mendorong mahasiswa lebih aktif lagi menulis. Kami akan berikan tips dan triks bagaimana menulis yang baik dan benar," kata dia.

Irwan mengatakan mahasiswa wajib memiliki kemampuan menulis. Ini mengingat melalui menulis, mahasiswa mampu membuka dunia. "Itukan tugas mahasiswa sebagai generasi penerus," ucapnya.

Selain di UIN Sunan Gunung Djati, tim ROL to Campus besok Sabtu (20/10) akan menyambangi kampus Universitas Padjajaran di Gedung Dekanat Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjajaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement