Senin 15 Oct 2012 07:32 WIB

Fiat Berencana Bangun Pabrik Jeep di Rusia

FIAT Panda
FIAT Panda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Fiat berencana membangun pabrik  Jeep di dekat St Petersburg Rusia pada akhir 2012.

Perusahaan otomotif asal Italia itu, sebut tiga narasumber anonim Bloomberg, akan menyepakati persetujuan dengan pemerintah Rusia setelah sempat menunda rencana pembukaan pabrik di kawasan timur Eropa tersebut.

Pada awal Oktober, pemerintah Rusia menyatakan kekhawatiran mereka atas penundaan rencana Fiat membangun pabrik senilai 850 juta euro atau satu miliar dollar AS akibat penurunan penjualan mobil Fiat di Eropa.

Pemimpin Fiat-Chrysler mengatakan, "Kami sedang bekerja untuk menyepakati kontrak. Saya sangat tertarik dalam ekspansi (ke) Rusia."

Pabrik Fiat di dekat St. Petersburg itu diperkirakan akan memproduksi 120 ribu kendaraan setiap tahun yang dimulai pada 2014.

Pasar otomotif Rusia sedang tumbuh dengan perkiraan peningkatan angka penjualan kendaraan hingga 7,5 persen atau 2,85 juta unit pada akhir 2012, berdasarkan laporan Asosiasi Bisnis di Moskow untuk Eropa.

Perusahaan-perusahaan otomotif seperti General Motors, Ford Motor, dan Renault juga sedang berinvestasi besar di Rusia demi meraih keuntungan di pasar yang diperkirakan lebih besar dibanding pasar otomotif Jerman dalam sepuluh tahun mendatang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement