Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

TAM akan Tarik 53 Ribu Sedan

Kamis 11 Oct 2012 17:38 WIB

Red: Taufik Rachman

Toyota is going to pour more money to its manufacture in Indonesia.

Toyota is going to pour more money to its manufacture in Indonesia.

Foto: Reuters/Mike Blake

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Toyota menarik ulang untuk perbaikan (recall) sekitar 53 ribu sedan di Indonesia, yang terdiri dari model Yaris, Vios, Corolla Altis, dan Camry, yang diproduksi tahun 2006-2008, karena diperkirakan ada kesalahan pada tombol jendela mobil tersebut.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto di Jakarta Kamis menjelaskan, pengumuman pemeriksaan kembali empat model sedan yang dipasarkan di Indonesia pada kurun waktu 2006-2008 tersebut merupakan bagian dari instruksi Toyota Motor Corp (TMC) yang kemarin mengumumkan menarik sekitar tujuh juta unit kendaraannya di seluruh dunia.

"Di Indonesia kami mengidentifikasi ada empat model yaitu Yaris, Vios, Corolla Altis, dan Camry yang diproduksi di Thailand pada 2006-2008 diduga mengalami gangguan pada master power-window switch (tombol jendela dekat supir)," ujarnya.

Joko mengatakan berdasarkan investigasi TMC kemungkinan ada kekurangan pelumas pada tombol utama pengatur jendela mobil tersebut. Menurut dia, tidak ada masalah pada jendela dekat supir. Ganguan terjadi, kata dia, di tiga jendela lainnya.

"Hingga saat ini di Indonesia, kami belum terima keluhan terkait masalah itu. Namun di Jepang sudah ada," katanya. Oleh karena itu, TAM selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota akan melakukan pemanggilan para pemilik empat model sedan dengan tahun produksi 2006-2008 itu, untuk membawa mobil mereka ke bengkel Toyota terdekat.

"Para dealer sedang kami persiapkan untuk melakukan pemanggilan dan penjadwalan untuk melakukan pemeriksaan," ujar Joko. Namun, ia mempersilahkan para pemilik sedan tersebut untuk datang langsung ke bengkel terdekat bila mobil mereka terdeteksi mengalami gangguan pada tombol jendela penumpang seperti tersendat atau macet.

Menurut Joko, pemeriksaaan dan perbaikan mobil tersebut tidak lama hanya sekitar 30 menit. "Paling lama satu jam. Karena itu, demi kenyamanan konsumen, kami akan membuat jadwal pemeriksaan," katanya.

Sejauh ini, lanjut dia, suku cadang yang diperlukan untuk perbaikan tombol utama pada jendela mobil empat model sedan (2006-2008) tersebut relatif tersedia. TAM setidaknya memiliki stok untuk berbagai suku cadang mobil yang dipasarkan di Indonesia.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA