Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Jamaah Haji Wafat Saat Sujud di Nabawi

Kamis 27 Sep 2012 12:51 WIB

Red: Heri Ruslan

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Foto: wayfaring.info

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH --  Sumardi (55) jamaah haji  asal Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, meninggal saat menjalankan shalat di Masjid Nabawi, Madinah.

Sumardi meninggal ketika bersujud shalat sunah menjelang Shalat Ashar, Selasa (25/9). Dokter Jojok Santoso, tim medis Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) yang kebetulan duduk bersebelahan dengan Sumardi ketika shalat, merasa curiga melihat orang di sebelahnya sujud sangat lama. Dia kemudian menepuk korban, namun tak ada reaksi sedikitpun.

Jojok lantas memegang nadi korban dan menemukan bahwa Sumardi telah meninggal. Sumardi menunaikan ibadah haji bersama istrinya, Ny Masinal, dan menginap di Hotel Masiatul Aliyah. 

''Kira-kira dua atau tiga menit sebelum iqamah ashar itu, korban tidak juga duduk atau berdiri dari sujud. Saya merasa ada sesuatu, jadi saya sentuh dia. Ternyata tak ada reaksi. Lama sekali. Ketika nadinya saya pegang sudah berhenti. Saat itu, secara medis, Pak Sumardi sudah wafat,'' jelas Jojok.

Jenazah Sumardi kemudian dievakuasi oleh tim medis Arab Saudi yang selalu siaga di Masjid Nabawi dan dibawa ke RS Al Anshar. Selasa malam waktu setempat, Misi Haji Indonesia menerima pemberitahuan tentang kepastian meninggalnya Sumardi, dan juga Indriyarno, dari pihak RS Al Anshar.  

Kepala Seksi Kesehatan Misi Haji Indonesia dokter Tjetjep Ali Akbar menjelaskan, dari buku kesehatan jamaah diketahui, sebelum berangkat haji, Sumardi diketahui masuk rumah sakit akibat serangan jantung. Pria tersebut memang memiliki riwayat sakit jantung dan diabetes. Namun menjelang keberangkatan, dia dinyatakan sehat meski belum sepenuhnya pulih.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA