Rabu 26 Sep 2012 15:30 WIB

Trip Hati ala Backpacker Community

Buka Bareng Backpacker Community dengan para penyapu jalanan.
Foto: Backpacker Community
Buka Bareng Backpacker Community dengan para penyapu jalanan.

Manusia itu ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Ada hitam-putih, gemuk-kurus, kaya-miskin, semuanya saling melengkapi satu sama lainnya. Dan kami pun berteman baik. Allah menciptakan kami untuk saling tolong menolong dan membantu.

Biasanya kami menghabiskan weekend untuk jalan-jalan menjelajahi kekayaan alam dan  budaya ciptaan Tuhan. Kata siapa di bulan Ramadhan kami puasa nge-trip? Yaah.. bulan Ramadhan kemarin, kami nge-trip memperbanyak amalan ibadah.

Tepatnya di minggu ke-2 Ramadhan, berawal dari ide cemerlang Neysa yang ingin buka puasa bareng penyapu jalanan. Melalui survei yang sangat singkat dan mepeet pet pet.. niat baik ini dimudahkan jalannya oleh Allah SWT. Bertempat di foodcourt Roxy Square Jakarta Barat, kami bukber (buka bareng) dengan penyapu jalanan, dan alhamdulillah mereka bahagia.

Penyapu jalanan ini mempunyai jasa yg besar bagi kebersihan ibu kota. Mulai dari pagi hingga sore hari, mereka bekerja tanpa hari libur.

Mereka bahagia dan ikhlas, meski dengan pendapatan yang pas-pasan (lagi-lagi kita harus bersyukur atas pendapatan yang kita punya). Tinggalnya pun di rumah gubuk seadanya, di parkiran RM.Duka Abadi Jakarta Barat, ada juga yang bermukim di samping rel kereta api Latumenten, dll.

Cerita haru-happy dari mereka menjadi bekal hidup bagi kami. Kadang saat mereka sedang menyapu, sering ada yang melempar sampah sembarangan dari dalam mobil hingga mngenai mereka. Tapi, mereka tetap sabar dan tersenyum. Hanya Allah yang bisa membalas mereka.

Kami pun merasa senang, karena selama ini belum ada dari pihak luar yang mngajak mereka bukber. Baru kami yang pertama (ciee.. senangnya kami *pipi memerah*).

Sekilas saya ucapkan terima kasih untuk Anggi, Neysa, Karlina, Nuning, Ali, Sri, Hasyim, Diah temannya Ali, dan saya sendiri Schinta hehe.. Terima kasih untuk kerja sama yang singkat ini. E eh.. banyak terima kasih juga untuk teman-teman yang sudah memberi bantuan berupa dana serta pakaian layak pakai untuk mereka, senangnya!!

Dan.. hari-hari berikutnya kami berada di Saur on The Road bersama korban bencana kebakaran Benhil, bukber indah bersama sahabat anak Manggarai, serta bukber di panti asuhan Jakarta Pusat. Acara ini tak lepas dari bantuan banyak pihak yang membantu, mulai dari dana hingga ide-ide kraetif untuk membahagiakan mereka yang membutuhkan.

Terima kasih teman-teman baik yang sudah mau berpartisipasi, anak-anak backpacker, kakak-kakak Geologist Trisakti, dll. Senangnya bersama kalian di bulan Ramadhan ini. Semoga di setiap bulan biasa, kami bisa selalu berjumpa dan bermain bersama kalian lagi.

"Mereka" tidak membutuhkan bingkisan mewah dari kita, makanan enak, maupun uang santunan. Yang mereka butuhkan lebih banyak adalah, perhatian kita untuk bisa bermain, mengobrol, bertukar pikiran dan bercanda bersama. Itulah mereka, para penyapu jalanan, anak jalanan, anak panti asuhan dan para korban bencana alam. Cukup sederhana, tapi memukau seperti berlian.

Kita semua ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Makhluk sosial yang membutuhkan manusia satu dengan manusia lainnya. Berharap besok lebih indah dan lebih bahagia, karena kita yang menentukan kebahagiaan itu datang menghampiri kita. Next, semoga acara mengajak jalan-jalan anak panti asuhan ke Ragunan tercapai. Amin.

Schinta

Rubrik ini bekerja sama dengan

Backpacker Community

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement