Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Kerapu Tikus Siap Diekspor ke Hongkong

Senin 24 Sep 2012 01:30 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Kerapu.

Kerapu.

Foto: NM Aqua Enterprise

REPUBLIKA.CO.ID, MINAHASA, SULUT - Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Minahasa Utara Ronny Siwi mengatakan, daerahnya pada bulan Oktober 20120 direncanakan siap mengekspor ikan jenis kerapu macan dan tikus ke luar negeri tepatnya Hong Kong.

"Ada sekitar 10 ton kerapu macan juga tikus akan di ekspor ke Hong Kong pada bulan depan," katanya di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Ahad (24/9). 

Ia mengatakan, Minahasa Utara, khususnya di bidang Perikanan dan Kelautan, akan lebih fokus pada produk-produk sifatnya berorientasi ekspor. "Seperti halnya tangkapan-tangkapan ikan karang yang memiliki nilai ekonomi penting, penjualannya akan lebih kepada mancanegara, karena pengelolaan serta daya beli negara luar sangat tinggi, sehingga hasil atau pendapatan daerah kita akan meningkat juga," katanya.

Dengan niat untuk orientasi ekspor tersebut, setidaknya akan memberikan kontribusi positif bagi nelayan Minahasa Utara. "Secara otomatis kesejahteraan rakyat akan meningkat dan bisa dinikmati sendiri terhadap hasil tangkapannya," kata Siwi.

Dia mengatakan perbandingan tahun 2011 untuk budidaya perikanan khususnya jenis ikan kerapu, untuk 2012 ini mengalami peningkatan hingga 60 persen.

Namun demikian, pihaknya akan melengkapi proses perizinan untuk kapal dari Hongkong berlabuh di Minahasa Utara langsung pada keramba-keramba yang ada.

"Karena ini merupakan ekspor perdana, paling tidak kita harus memberikan kesan baik bagi pembeli dari Hongkong, bila transaksi di daerah kita dalam pengurusan izinnya mudah," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA