Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Oktober, Jet Berbahan Bakar Nabati Lepas Landas dari Ottawa

Jumat 21 Sep 2012 05:44 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Pengisian bahan bakar pesawat terbang (ilustrasi)

Pengisian bahan bakar pesawat terbang (ilustrasi)

Foto: AP Photo

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA--Penerbangan pesawat jet yang didukung sepenuhnya oleh bahan bakar nabati (BBN) pertama di dunia akan lepas landas bulan depan dari Ottawa. Produsen bahan bakar tersebut mengumumkan rencana itu Kamis (20/9). Applied Research Associates and Agrisoma Biosciences bermitra dengan Dewan Riset Nasional Kanada (NRC) mengembangkan sumber "energi terbarukan berkelanjutan" untuk industri penerbangan komersial.

Pada akhir Oktober, sebuah jet Falcon 20 bermesin ganda NRC akan digunakan untuk menguji bahan bakar jet baru terbuat dari 100 persen minyak biji-bijian, untuk kinerja mesin dan emisi. "Ini akan menjadi pertama kalinya sebuah pesawat jet didukung 100 persen bahan bakar nabati tanpa campuran. Bahan bakar terbarukan yang memenuhi spesifikasi minyak bahan bakar jet," kata pernyataan NRC.

"Melalui inisiatif ini, kami memberikan pilihan yang berkelanjutan untuk mengurangi emisi penerbangan," kata Chuck Red dari Applied Research Associates. Beberapa pesawat komersial selama KTT iklim di Rio, Juni lalu, menggunakan bahan bakar jet nabati (bio) yang banyak dipuji dicampur dengan bahan bakar jet minyak tradisional.

Lebih dari 40 petani di bagian barat Kanada dikontrak untuk menumbuhkan lebih dari 6.000 hektar tanaman biji minyak yang digunakan untuk membuat bahan bakar nabati jet. Pemerintah berharap inisiatif ini akan meluncurkan industri bahan bakar nabati jet baru yang menjadi sebuah anugerah bagi petani.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA