Senin 17 Sep 2012 14:01 WIB

Survei: Foke Populer, Jokowi Lebih Disukai

Jokowi vs Foke
Jokowi vs Foke

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo lebih populer dibandingkan Joko Widodo, namun Jokowi lebih disukai dibandingkan Fauzi Bowo dari hasil Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Direktur Eksekutif LSI, Kuskridho Ambardi, Ph.D menjelaskan, hasil ini didapat dari 399 responden yang diwawancarai pada 2-7 September 2012 dari hasil survei LSI. "Sebanyak 97 persen responden mengetahui Fauzi Bowo sedangkan hanya 84 persen yang mengetahui Joko Widodo," kata Kuskridho Ambardi di Jakarta, Senin (17/9).

Kuskridho menjelaskan, walaupun Foke lebih populer dari Jokowi, belum tentu Foke lebih disukai dari Jokowi. Survei ini menunjukkan hanya 73 persen responden menyukai Foke, sedangkan Jokowi lebih unggul tipis dengan 76 persen responden menyukai Jokowi.

"Foke terkenal di masyarakat, 9 dari 10 orang mengenal Foke, sedangkan 8 dari 10 orang mengenal Jokowi. Kalau yang kenal Nachrowi Ramli hanya 43 persen dan Ahok 46 persen," katanya.

Jokowi Lebih Hangat

Kuskridho menjelaskan, ada faktor-faktor personal mengapa Jokowi lebih disukai dibandingkan Foke. Berdasarkan survei citra tokoh, masyarakat menilai Foke unggul dalam citra dan berwibawa sekitar 81 persen, enak dipandang sekitar 76 persen, dan mampu memimpin DKI Jakarta sekitar 64 persen, serta tegas sekitar 72 persen dan tidak cacat moral sekitar 72 persen.

Sementara Jokowi hanya memperoleh berturut-turut 72 persen, 59 persen, 62 persen, 68 persen dan 69 persen.

Namun Jokowi cenderung unggul dalam citra bisa dipercaya/bersih dari korupsi 59 persen, orang yang menyenangkan, ramah dan hangat 81 persen, perhatian terhadap rakyat 80 persen, dan pintar berwawasan luas 83 persen. Dibandingkan Foke hanya memperoleh secara berturut-turut 46 persen, 72 persen, 64 persen dan 82 persen.

"Karena bersih dari korupsi dan peduli pada rakyat biasa menjadi kriteria utama dalam menilai calon maka Jokowi punya peluang lebih baik untuk menarik pemilih karena ia unggul dalam kriteria ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement