Kamis 13 Sep 2012 22:03 WIB

Pemerintah Pelajari Spesifikasi Tata Motors

Tata Motors
Tata Motors

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah menyambut baik rencana ekspansi prinsipal roda empat asal India, Tata Motors, untuk membangun pabriknya di Indonesia pada 2013 karena produk yang dipasarkan jenis mobil murah dan ramah lingkungan.

"Tata Motors mengklaim sebagai juara untuk mobil murah dan ramah lingkungan bagi pasar India. Namun, pemerintah masih mempelajari spesifikasi produk yang akan dipasarkan," kata Menteri Perindustrian M.S Hidayat di Jakarta, Kamis.

Saat ini, menurut Hidayat, pihaknya tidak bisa melarang investasi yang masuk ke Indonesia. "Pemerintah tidak boleh menghentikan masuknya modal asing ke dalam negeri. Namun, pemerintah akan memberikan kesempatan bagi produsen mobil nasional membuat produk mobil murah," paparnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Budi Darmadi, mengatakan sejauh ini pihak Tata motors belum bertemu dengan pemerintah untuk membahas rencana pembangunan pabrik di Indonesia.

"Banyak lahan yang tersedia untuk mendirikan pabrik roda empat. Jika produsen asal India tersebut ingin mempunyai pabrik di Jakarta, konsekuensinya harga tanahnya pasti mahal. Namun, pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada pemilik modal," katanya.

Budi menyebutkan prinsipal asal India ini akan melakukan tes pasar sebelum membuat produknya di Indonesia. "Biasanya, produsen roda empat melihat pasar yang potensial bagi produknya. Setelah itu, mereka bikin unitnya secara massal dan sesuai dengan permintaan konsumen," ucapnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement