Selasa 11 Sep 2012 13:10 WIB

Awas, Minum Alkohol Percepat Pendarahan Otak

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany
Minuman beralkohol (ilustrasi).
Foto: hometone.com
Minuman beralkohol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Bagi mereka yang doyan mengonsumsi alkohol akan beresiko menderita pendarahan otak secara dini dibandingkan dengan orang yang tidak.

Berdasarkan penelitian di Universitas Lille Nord de France, Prancis, orang yang minum alkohol sedikitnya empat gelas sehari akan beresiko terkena pendarahan otak. Hasil penelitian itu telah dipublikasikan dalam jurnal Neurology.

Penelitian tersebut dilakukan pada 540 pasien dimana seperempatnya adalah peminum berat dan tidak menderita stroke. Hasil riset itu menunjukkan para peminum berat mulai terserang pendarahan otak di usia yang lebih muda. Para peminum menderita pendarahan otak pada usia 60 tahun.

Sementara itu, orang yang tidak minum alkohol mulai terserang penyakit ini pada usia 74 tahun. ''Asupan alkohol berlebih dapat meningkatkan risiko perdarahan pada usia yang sangat muda," kata peneliti senior, Charlotte Cordonnier, di University of Lille Nord de France.

Sementara itu, ahli syaraf lainnya, Larry Goldstein, direktur Stroke Center Duke di Durham, North Carolina kurang setuju dengan hasil penelitian itu. Dia mengatakan hasil temuan tersebut tidak dapat membuktikan minum alkohol sebagai penyebab penyakit stroke pada usia lebih dini.

''Mungkin ada hal lainnya yang mempengaruhi itu contohnya merokok,'' kata Goldstein. Namun, terlepas dari riset itu, Goldstein sependapat dengan Charlotte bahwa alkohol tidak baik untuk kesehatan.

Minum alkohol terlalu banyak bisa memicu tekanan darah tinggi, mempengaruhi kemampuan darah untuk membeku sehingga kemungkinan terserang stroke juga tinggi. ''Intinya, konsumsi alkohol berlebih tidak baik bagi otak,'' pungkasnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement