Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa di Bogor

Ahad 09 Sep 2012 17:25 WIB

Red: Dewi Mardiani

Gempa - ilustrasi

Gempa - ilustrasi

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Kabupaten Bogor dan Sukabumi pada Ahad (9/9) pukul 01:27:15 WIB dikejutkan oleh gempa bumi berkekuatan 4,8 skala richter (SR). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan lokasi pusat gempa bumi di darat, yaitu 6.70 LS, 106.64 BT (31 km Barat Daya Kab Bogor - Jawa Barat) dengan kedalaman 10 km.

"Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami," kata kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), SUtopo Purwo Nugroho, Ahad.

Dikatakannya, intensitas gempa yang dirasakan II MMI di Bogor dan Sukabumi. Hingga siang ini pendataan masih dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Meski dilaporkan intensitas gempa sangat ringan hanya 2 MMI. Namun di lokasi dlaporkan banyak rumah yang rusak.

Di Kecamatan Pamijahan, Kab Bogor tercatat 250 rumah rusak yaitu di Desa Purbakti 65 rumah rusak dan Desa Cibunian 185 rumah rusak. Sebanyak tiga orang luka dan dirawat di puskesmas setempat. BPBD Kab Bogor bersama Muspika dan masyarakat setempat melakukan penanganan bencana.

"Posko sudah didirikan di Balai Desa. Pengungsian sementara tinggal di rumah tetangga yang rumahnya tidak rusak," katanya. Logistik dan tenda segera dikirim dari BPBD Bogor. Tim Reaksi Cepat BNPB telah di lokasi sejak tadi pagi. Pendataan dan verifikasi kerusakan masih dilakukan di lapangan dan akan disampaikan kemudian.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA