Ahad 09 Sep 2012 17:09 WIB

Pemerintah Beri Penghargaan kepada Erick Thohir

Rep: israr itah/ Red: Heri Ruslan
 Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012, Erick Thohir.
Foto: Republika/Prayogi
Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012, Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menganugerahkan penghargaan kepada Erick Thohir dalam upacara memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2012 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Ahad (9/9).

Pengusaha media ini dinilai telah berperan besar dalam pengembangan bola basket tidak hanya di Tanah Air, tapi juga Asia Tenggara.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Andi dan pemerintah. Penghargaan ini membuat saya makin bersemangat berkarya untuk kejayaan olahraga Indonesia,” kata Erick usai menerima penghargaan.

Erick menjadi Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) termuda. Pada 2004, di usia 34 tahun, Erick menggantikan Sutiyoso yang terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Bekerja sama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta, Erick membangun Britama Arena, lapangan basket bertaraf internasional. Di tempat ini sejumlah event bola basket Asia Tenggara digelar seperti SEABA (South East Asian Basketball Association) Championship, SEA Games, dan kompetisi ASEAN Basketball League (ABL).

Erick juga menjadi orang indonesia pertama yg menjadi Presiden SEABA. Ia terpilih pada 2006 untuk masa jabatan empat tahun. Pada 2010, ia dipercaya kembali memimpin SEABA hingga 2014. Erick juga membidani lahirnya kompetisi ABL yang diikuti sejumlah klub Asia Tenggara.

“Penghargaan ini bukan hasil kerja saya sendirian. Semua berkat dukungan banyak pihak. Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman stake holder bola basket Indonesia dan Asia Tenggara. Tanpa dukungan mereka semua, hal ini mungkin sulit terwujud,” kata pemilik grup media Republika ini.

Selain Erick, Menpora memberikan penghargaan dan bantuan hari tua dan rumah  kepada  mantan atlet, atlet berprestasi, wasit, pelatih, guru olahraga, masseur, pembina olahraga, atlet difabel Sabar Gorky, atlet SOIna Stefanie Handojo, wartawan, lembaga mitra dan tokoh olahraga dan penggerak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement