Senin 03 Sep 2012 20:20 WIB

Minyak Kelapa Tangkal Kerusakan Gigi

Kelapa
Foto: advanceagriculturalpractice.in
Kelapa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Hasil riset para peneliti di Athlone Institute of Technology (AIT), Irlandia, menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa menjadi antibiotik alami untuk memerangi kuman-kuman penyebab kerusakan gigi.

Tim peneliti dari AIT menguji kemampuan minyak kelapa alami dan minyak kelapa yang ditambah enzim untuk memerangi bakteri Streptococcus yang biasanya ada di dalam mulut.

Menurut hasil penelitian mereka, minyak kelapa yang sudah dimodifikasi dengan enzim punya kemampuan lebih besar untuk menahan pertumbuhan sebagian besar jenis bakteri Streptococcus termasuk mutasi Streptococcus--bakteri penghasil asam yang menjadi salah satu penyebab utama kerusakan gigi.

Pengujian tambahan oleh tim peneliti AIT menunjukkan bahwa minyak kelapa dengan perlakuan enzim juga membahayakan jenis jamur Candida albicans yang bisa menyebabkan sariawan.

Dr Damien Brady dari Pusat Riset Biologi AIT, yang memimpin penelitian itu, mengatakan penambahan minyak kelapa dengan perlakuan enzim dengan konsentrasi rendah pada produk perawatan gigi akan membantu memerangi karies gigi, masalah kesehatan gigi umum yang umum dialami anak-anak dan orang dewasa.

"Dengan adanya peningkatan resistensi terhadap antibiotik, temuan ini penting untuk mengarahkan perhatian kepada cara baru untuk memerangi infeksi bakteri," katanya di laman resmi AIT.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement