Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Bagaimana Ya, Solusi Melatih Kaki yang Pincang?

Jumat 31 Aug 2012 09:18 WIB

Red: Miftahul Falah

Bagaimana Ya, Solusi Melatih Kaki yang Pincang?

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya, gimana ya solusinya untuk melatih kaki pincang supaya tidak pincang lagi? Pada saat saya berumur 16 tahun, kaki saya pernah retak. Sekarang kaki saya sudah sembuh, tapi ketika berjalan masih pincang, padahal sudah tidak sakit (menurut saya mungkin itu karena terbiasanya). Terima kasih, dok.


Andy W., Jakarta Barat - 27 tahun



Jawaban:

Bapak Andy, tentunya indikasi bahwa yang terjadi hanya disebabkan oleh karena faktor kebiasaan, sangat dimungkinkan. Untuk keseharian, disarankan agar melakukan kebiasaan untuk berjalan seperti biasanya. Bisa pula dibantu dengan menggunakan sepatu sport yang alasnya lunak (karetnya tebal), sehingga akan lebih lembut dan nyaman dalam melangkah.

Sesuai riwayat atas kondisi kaki yang retak, hal tersebut telah terjadi 11 tahun yang lalu dan telah ditangani, sehingga agaknya tidak bermasalah. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk tetap berkonsultasi dengan spesialis Orthopedi serta melakukan re-observasi kondisi kaki tersebut. Hal ini guna mengetahui kondisi terkini, apakah terjadi perubahan bentuk dan sebagainya.

Dalam hal ini, tentu dapat dilihat melalui proyeksi citra melalui X-Ray, guna dapat melakukan evaluasi secara lebih jelas. Selain itu, dengan riwayat pernah mengalami retak kaki, maka aspek yang perlu diperhatikan yakni menjaga kaki dengan perlindungan terbaik. Termasuk berhati-hati dalam beraktivitas yang berat dengan potensi cedera kaki yang besar, seperti berolahraga sepak bola. (AS)


dr Andre Sihombing, SpBO
Spesialis Bedah Tulang RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA