Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Ibu Kurang Akrab dengan Anak, Inilah Solusinya

Senin 20 Aug 2012 06:32 WIB

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari

Sayang anak

Sayang anak

Foto: mommyish.com

REPUBLIKA.CO.ID, Lantaran sibuk bekerja, boleh jadi ibu kurang akrab dengan buah hatinya sendiri. Jangan kecil hati, Bu. Asalkan tetap berusaha, ibu tetap bisa dekat dengan anak. Berikut tipsnya

 

Menjaga Kelekatan 

Sebisa mungkin jika ibu perlu bekerja, usahakan mencari pekerjaan yang tidak terlalu menyita waktu. Minimnya waktu di rumah menyulitkan ibu untuk mengontrol perkembangan buah hati. Akan tetapi, tak perlu berkecil hati andaikan pekerjaan seperti itu sukar diraih. Masih ada jalan untuk menjalin kelekatan dengan anak. 

 

Jangan berhenti berusaha

Cari jalan agar selalu bisa dekat secara emosional dengan buah hati. Jadilah orang yang dicari anak ketika ia sedang terlibat masalah, bersedih, atau sedang memerlukan sosok yang bisa dipercaya. Ibu yang seharian berada di rumah, tetapi tak memberikan sentuhan dan perhatiannya tak lebih baik dari ibu bekerja yang larut mengejar karier. 

 

Luangkan waktu

Pada hari kerja, sempatkan waktu untuk bercengkerama dengan anak. Pagi hari sebelum berangkat kerja atau sepulang kantor, alokasikan berapa menit pun waktu yang ada sebagai saat bermain. Bahkan, 30 menit juga cukup asalkan digunakan secara berkualitas. Selama setengah jam tersebut, lupakan hal lain dan hadirlah secara utuh ke hadapan ananda. Libatkan perasaan Anda saat berinteraksi dengan si kecil. 

 

Berlibur bersama

Ketika libur panjang, manfaatkan untuk bersantai sambil menjalin keakraban dengan seluruh anggota keluarga. Ciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat anak melupakan kejadian yang tidak baik. Berlibur juga dapat mendekatkan hubungan ibu dan ayah sehingga terjadi keharmonisan dalam keluarga. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA