Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Unsoed Jalin Kerjasama dengan PT di Thailand

Rabu 15 Aug 2012 15:29 WIB

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Chairul Akhmad

Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman

Foto: republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Thailand.

Kerja sama yang dijalin, antara lain dalam bentuk Joint Degree Program, kerjasama penelitian, dan rencana penyelenggaraan program Double Degree.

''Kesepakatan kerjasama itu, kami putuskan setelah rombongan pimpinan Unsoed mengadakan kunjungan ke empat universitas di Thailand, pada 6 hingga 9 Agustus lalu,'' kata Koordinator Bidang Akademik Program Studi Magister Biologi UNSOED, Dr Romanus Edy Prabowo, Rabu (15/8).

Dia menyebutkan, undangan ke Thailand, awlanya datang dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok yang baru, Dr Yunardi, dalam rangka Courtesy Call sekaligus pembicaraan kerjasama perguruan tinggi (PT) Republik Indonesia dengan beberapa perguruan tinggi Kerajaan Thailand.

Kunjungan pertama di Thailand, dilakukan ke Mahasarakham Universty (MSU) yang terletak di Provinsi Maha Sarakham. Di PT ini, delegasi diterima oleh Vice President for Planning and International Relations, Prof Dr Nathanon Trachoo.

Dari pembicaraan kerjasama antara Unsoed dan MSU disepakati kerjasama yang tertuang dalam MoU. Antara lain, kesepakatan Joint Degree Program yang secara konkret sudah dilakukan diskusi dan disepakati pelaksanaannya oleh Magister Ilmu Biologi Unsoed, Magister Administrasi Publik Unsoed, Magister Ilmu Ekonomi UNSOED, Magister Akuntansi Unsoed, dan Magister Peternakan Unsoed bersama dengan masing-masing counterpart-nya di MSU.

''Dari pembicaraan itu, diketahui bahwa struktur dan sistematika kurikulum MSU sangat mirip dengan Unsoed,'' jelas Romanus. Selain itu, dengan MSU juga disepakati kegiatan pertukaran mahasiswa PKL (Internship) antara program sarjana di kedua universitas. 

Kunjungan kedua delegasi Unsoed, dilakukan dengan mendatangi Chulalongkorn University (CU) di Bangkok. Kunjungan ketiga, delegasi mendatangi Mahidol University (MU) yang berlokasi di barat Kota Bangkok. Sedangkan kunjungan keempat dilakukan ke Burapha Universty (BU) yang terletak di arah tenggara Kota Bangkok. Di BU, delegasi Vice President for Foreign Relations Affairs, Dr Pichan Sawangwong.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA