Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Supaya Terus Disayang Anak, Begini Cara yang Efektif (1)

Kamis 16 Aug 2012 07:07 WIB

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari

Sayang anak/ilustrasi

Sayang anak/ilustrasi

Foto: chatterchimp.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orangtua menanggung beban yang luar biasa dalam membentuk anak nantinya. Di tangan mereka anak akan terbentuk bagaimana kepribadiannya, bagaimanan bersosialisasi, bagaimana menyesuaikan dan mengendalikan diri, bagaimana kemampuan berpikirnya, dan masih banyak lagi. "Semua akan menentukan berhasilan dan kemandirian anak kelak, serta keberhasilannya sendiri ketika menjadi orangtua," kata Dosen Dn Ketua Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI Dr Frieda Mangunsong MEd Psi.

Ketua Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) itu memberikan 10 resep bagaimana agar orangtua menjadi efektif dalam mendidik anak-anak balita mereka. Faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

Kenali anak Anda
"Anak menyerap semua yang diperlukan oleh orangtuanya," tutur Frieda. Jadi, kalau orangtuanya di rumah banyak senyum anak akan mengikuti kebiasaan itu hingga murah senyum.

Jangan anggap enteng
Terapkan positive parenting,yaitu menghargai perilaku baik anak sebanyak-banyaknya dan menghukum sesedikit mungkin.

Libatkan dalam kegiatan keluarga
"Anak seperti halnya orang dewasa, akan merasa senang bila dia merasa berguna," tukas peraih master di bidang pendidikan Luar Biasa dari The National College of Education di Evanston, AS itu

Memanfaatkan setiap kesempatan
Bepergian bersama anak dalam kendaraan menjadi waktu yang amat berharga. Selam perjalanan gunakan untuk mengobrol dengan anak.

Sediakan waktu khusus
Bagi ibu-ibu yang bekerja sampai harus meninggalkan rumah dalam waktu lama, mungkin agak bingung bagaimana memberikan waktunya untuk si kecil. Menurut Frieda, yang penting kualitasnya, bukan kuantitasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA