Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Keluar Gumpalan Darah Sebesar Telapak Tangan, Masih Bisa Hamil?

Kamis 23 Aug 2012 09:07 WIB

Red: Miftahul Falah

Keluar Gumpalan Darah Sebesar Telapak Tangan, Masih Bisa Hamil?

Pertanyaan:

Selamat pagi dok, mau tanya ya. Saya seorang pengajar sekarang dan sudah menikah selama 1,5 tahun, tapi belum dikaruniai anak. Ketika haid hari pertama, keluar gumpalan darah (seperti daging sebesar telapak tangan. Sementara, hari ke-2 dan ke-3, perut saya sakit sekali hingga hampir mau pingsan. Hal itu saya alami setelah menikah. Dulu sebelum menikah tidak sakit seperti sekarang. Kenapa ya, dok? Kira-kira, saya masih bisa punya momongan tidak?


Bu Tomi, Jawa Tengah - 31 Tahun



Jawaban:


Salam buat Bu Tomi, semoga sehat selalu. Untuk menjawab apakah masih bisa memiliki keturunan atau tidak, langkah yang paling dasar harus dilakukan yaitu memeriksa tingkat kesuburan pasangan. Di antaranya dengan pemeriksaan kesehatan sperma suami. Selain itu, juga pemeriksaan HSG untuk istri, guna melihat serta menilai apakah saluran telur dalam keadaan terbuka atau terdapat sumbatan.

Sedangkan terkait dengan kondisi yang dialami saat haid, dengan kondisi yang bergumpal disarankan untuk melakukan USG pada saat haid guna menilai kondisi organ reproduksi. Tentu hal ini dilakukan oleh Spesialis Kebidanan, untuk dapat menentukan apakah terdapat kelainan, seperti misalnya hiperplasia maupun mioma polip. Setelah itu, baru kemudian akan dilakukan terapi dan treatment sesuai dengan kondisi yang menyertai diagnosanya.

Demikian ya bu, semoga segera lekas pulih dan mendapatkan momongan. Terima kasih. (SS)


dr Sanny Santana, SpOG
Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA