Senin 06 Aug 2012 02:03 WIB

Air Kemasan Sebabkan Gigi Anak Rusak

Rep: MG05/ Red: Dewi Mardiani
Anak sikat gigi
Foto: gladchildhood.blogspot.com
Anak sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Air kemasan tetap menjadi tren di Amerika Serikat. Hampir setiap toko dan konter menyuguhkan macam-macam air kemasan. Namun, siapa sangka bahwa air kemasan bisa merusak dan menyebabkan gigi anak berlubang. Penyebabnya adalah tidak ada atau kurangnya kandungan Flouride pada air kemasan.

Flouride adalah sebuah garam terbentuk dari kombinasi fluor dan mineral yang bagus dalam menjaga kesehatan gigi anak. Beberapa ahli di AS mengatakan bahwa air kemasan tidak memberikan asupan yang baik untuk menyehatkan gigi anak.

Dr Burton Edelstein, presiden Proyek Kesehatan Gigi Anak di Washington DC menjelaskan peningkatan prevalensi kerusakan gigi pada anak-anak muda cukup mengkhawatirkan.

"Satu dari 10 anak usia 2 tahun, satu dari lima anak usia 3-tahun, satu dari tiga anak usia 4-5 tahun mengalami kerusakan gigi. Konsekwensinya adalah nyeri, disfungsi infeksi, dan butuh pengobatan," kata Burton, seperti dilansir Healthtoday.

Pada tahun 2009, satu penelitian dilakukan Eastern Virginia Medical School dan diterbitkan dalam jurnal Pediatric Dentistry menemukan hal ini. Hampir 70 persen orang tua yang disurvei mengatakan bahwa mereka memberi anak-anak mereka air kemasan untuk minum, baik secara eksklusif atau bersama air keran.

Hasilnya, hampir dua pertiga dari orang tua mengatakan bahwa mereka tidak tahu apakah air kemasan mereka mengandung fluoride. Hal ini dipahami oleh Dr Jonathan Shenkin, juru bicara Asosiasi Amerika Gigi dan dokter gigi anak Augusta. Diakui bahwa konsumen mengalami kesulitan mencari tahu produk yang mengandung fluoride, dan bahkan jika itu terjadi, jumlah kandungannya pun tak diketahui.

"Penelitian Tersedia menunjukkan bahwa per botol air mineral memiliki kurang dari 0,3 ppm [bagian per juta] fluoride, jauh di bawah tingkat yang diterima untuk air minum secara optimal untuk fluoride," katanya.

Namun isu ini disangkal oleh beberapa produsen air mineral. Sebagian besar produsen air kemasan menyatakan bahwa produk mereka adalah 100 persen murni, bersih, alami, dan mengandung flouride. Disebutkan oleh mereka, hubungan antara air kemasan dengan kesehatan gigi hanyalah kecurigaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement