Rabu 01 Aug 2012 15:12 WIB

Tiga Jurus Agar Makan tidak Berlebihan

Keinginan ngemil bisa dikendalikan asal tahu kiatnya
Foto: loseweightfast.net
Keinginan ngemil bisa dikendalikan asal tahu kiatnya

REPUBLIKA.CO.ID, Berhentilah sebelum kenyang. Ungkapan ini bukan sekadar basa-basi. Bila dipatuhi, ungkapan ini akan membuat tubuh kita lebih sehat dan terhindar dari kemungkinan obesitas. Namun, tak jarang kita sering tak mampu menahan nafsu makan. Bahkan, tak jarang kita ingin makan sekalipun tidak merasa lapar. 

Jika kebiasaan ini terjadi dalam waktu lama dan yang kita konsumsi adalah makanan berkalori tinggi, maka siap saja berisiko mengalami obesitas. Berikut ini tiga langkah sederhana yang bisa kita jalankan untuk mengendalikan nafsu makan berlebih:

 

Bagilah Makanan Dalam Jumlah Kecil

Saat Anda melihat makanan kesukaan Anda dan berniat untuk memakannya sekalipun Anda tidak lapar, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membagi makanan tersebut dalam jumlah kecil. Ini adalah cara paling efektif dan menguntungkan Anda. Mengapa demikian? Di satu sisi Anda masih bisa menikmati makanan kesukaan Anda, selebihnya Anda berhasil membatasi asupan kalori karena Anda memakannya dalam porsi yang lebih kecil.

 

Buatlah Daftar Makanan

Untuk mengurangi nafsu makan di waktu tertentu, bayangkanlah Anda sudah makan dengan porsi yang cukup. Mengingat apa yang sudah Anda makan dapat mengaktifkan hipokampus otak Anda. Inilah bagian dari otak besar yang turut mengendalikan nafsu makan Anda. Untuk memaksimalkan kinerja hipokampus ini, buatlah daftar makanan yang akan Anda konsumsi setiap hari. Masukkan daftar makanan yang kaya vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah-buahan untuk membantu menjaga kesehatan Anda.

 

Jangan Gunakan Tempat Makanan Transparan

Apakah Anda menggunakan tempat makanan yang transparan di rumah Anda? Salah memilih wadah atau tempat makanan ternyata bisa berefek buruk bagi diet. Tempat makan transparan bisa membuat makanan Anda mudah terlihat dan semakin menggoda untuk disantap. International Journal of Obesity di Amerika mengungkap, perempuan akan makan 71 persen lebih banyak jika menggunakan wadah transparan. Jadi, untuk mengurangi nafsu makan Anda, gunakanlah wadah makanan yang tertutup.

Barengi usaha ini dengan olahraga teratur dan istirahat cukup agar berat badan Anda tetap terjaga dan terhindar dari risiko obesitas. 

sumber : duniafitnes.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement