Selasa 31 Jul 2012 07:06 WIB

Airbag Cacat, Hyundai Tarik 220 Ribu Mobil

Hyundai Santa Fe 2009
Hyundai Santa Fe 2009

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO - Hyundai menarik lebih dari 220.000 mobil di Amerika Serikat (AS) dari dua variannya,  Santa Fe dan Sonata. Penarikan dilakukan karena adanya cacat pada sistem kantong udara (airbag) yang berpotensi mengancam keselamatan penumpang 

Hal ini diungkapkan produsen mobil Korea tersebut dalam laporannya kepada regulator keselamatan yang dirilis Senin waktu setempat.

Penarikan meliputi 199.118 unit kendaraan Hyundai Santa Fe keluaran tahun 2007 sampai 2009, kata Badan Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional AS. Cacat pada varian SUV ini meliputi kegagalan kantong udara mengembang dalam sebuah tabrakan jika orang dewasa "bertubuh kecil" ada di kursi penumpang depan.

Untuk varian Hyundai Sonata, sebanyak 22.512 unit kendaraan model tahun 2012 dan 2013, juga ikut ditarik. Cacat pada mobil jenis sedan besar ini juga tidak jauh dari kantong udara, dimana airbag samping dapat mengembang sekalipun ketika sebuah tabrakan tidak terjadi.

Hyundai mengatakan, belum mengetahui adanya kecelakaan atau cedera sebagai akibat dari cacat yang ada di Sonata, tetapi pihaknya tidak memberikan informasi tentang kecelakaan atau cedera akibat cacat di Santa Fe dalam laporannya kepada regulator. 

Biaya perbaikan untuk cacat tersebut, kata Hyundai, akan dilakukan secara gratis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement