Senin 23 Jul 2012 17:39 WIB

Setelah Tour de France, Wiggins Targetkan Emas di Olimpiade London

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bradley Wiggins menargetkan medali emas setelah membuka jalannya ke buku sejarah dengan menjadi atlet Inggris pertama yang menjadi juara Tour de France.

Atlet asal London berusia 32 tahun ini meraih kemenangan bersejarah di ajang balap sepeda paling prestisius itu pada Minggu, namun ia tidak membuang waktu untuk mengalihkan perhatiannya pada tantangan baru di Olimpiade yang digelar di kampung halamannya sendiri.

"Jika saya 100 persen jujur, ini merupakan (medali) emas atau tidak sama sekali di London saat ini, sungguh," papar Wiggins. "Itu adalah jalan yang saya lalui pada sembilan hari ke depan

"Saya tidak dapat duduk di sini dan berkata saya akan gembira dengan (medali) perak atau gembira dengan (medali) perunggu," tambahnya.

Wiggins mengakui bahwa menambahkan medali emas ketiga, melengkapi raihannya pada Olimpiade 2004 dan 2008, tidak serta merta akan melampaui kemenangannya di Tour de France, yang disebutnya sebagai "hari terdahsyat dalam kehidupan olahraga saya."

"Akankah medali emas di London melampui hal itu? Itu adalah hal yang berbeda. Seperti meletakkan es di kue. Datang dari hal ini, ini akan menambahkan ratusan dan ribuan (kegembiraan) di atasnya," tuturnya.

"Saya telah membuat banyak perkembangan pada catatan waktuku. Realistis untuk berpikir sekarang saya dapat memenangi (medali) emas."

Sementara itu, Wiggins tersadar pada Senin bahwa ia menemukan foto-foto dirinya yang memenangi Tour de France telah menghiasi halaman-halaman depan surat kabar Inggris, yang menobatkan dirinya sebagai salah satu penghuni 'kuil' legenda-legenda olahraga Inggris.

Sekarang banyak pihak berharap Wiggins akan dianugerahi gelar kebangsawanan untuk pencapaiannya tersebut, sedangkan spekulasi lain mengatakan dirinya akan menjadi sosok yang menyalakan api Olimpiade pada upacara pembukaan Jumat.

"Wiggo dianggap sebagai atlet terhebat Inggris," tulis tabloid The Mirror di halaman depannya.

Tabloid populer The Sun menyebutnya sebagai "pahlawan Inggris yang baru" telah diabadikan, dan ia disejajarkan dengan atlet kriket Ian Botham, pesepak bola Bobby Moore, dan legenda dayung Olimpiade Steve Redgrave.

"Merupakan sebuah aib jika kita harus menunggu sampai pemberian (gelar) penghormatan di tahun baru untuk mendengar Sang Ratu berkata, "Bangun, Sir Bradley," tambahnya.

The Daily Mail memimpin dengan '20 juta pound dan gelar kebangsawanan berikutnya untuk Wiggins yang hebat," sambil menggemakan desakan agar peraih tiga medali emas Olimpiade itu mendapat penghargaan dari Ratu Inggris.

Sementara itu, The Daily Star menyebut Wiggins akan menyalakan api Olimpiade pada upacara pembukaan Jumat, meski ia akan berkompetisi di nomor road race putra keesokan harinya.

The Times, yang memberikan halaman sampul bertuliskan "Promenade des Anglais (Jalur Inggris)," mengatakan Wiggins "telah membuktikan diri sebagai juara yang hebat dari olahraga Inggris.Ia juga memperlihatkan dirinya sebagai pria yang baik."

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement