Senin 16 Jul 2012 22:37 WIB

12 Lulusan SMA Masuk PTN Tanpa Tes

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN - Sebanyak 12 siswa lulusan SMA Negeri 1 Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur berhasil masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa melalui tes.

Kepala SMA Negeri 1 Nunukan Selatan, Husin Manu, Senin (16/7), mengatakan, ke-12 siswanya yang lulus 2012 berhasil masuk melalui jalur undangan di Universitas Hasanuddin (UNHAS) dan Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar, Universitas Mulawarman dan Universitas Borneo Tarakan Kalimantan Timur, dari total 26 siswa yang diajukan.

Jalur undangan itu, katanya, merupakan permintaan langsung dari pihak PTN kepada SMAN 1 Nunukan Selatan dan lolos masuk tanpa melalui seleksi atau ujian masuk.

Bagi siswa yang dinyatakan lolos masuk PT negeri jalur undangan ini, kata Husin, hanya dengan melihat prestasi belajar siswa bersangkutan sejak belajar di SMA Negeri Nunukan Selatan.

"Jalur undangan ini lolos tanpa melalui ujian seleksi dan hanya melihat prestasi belajar selama di SMA," katanya.

Bukan hanya yang lolos melalui jalur undangan, Husin Manu yakin juga banyak di antara lulusannya tahun 2012 yang masuk PTN melalui jalur seleksi tertulis.

Namun, dia mengatakan belum mengetahui jumlahnya secara pasti, karena belum melaporkan diri ke sekolah asalnya. Tetapi akan diketahui setelah siswa bersangkutan datang mengambil ijazahnya.

"Kami sementara inventarisir siswa yang lulus masuk perguruan tinggi negeri setiap datang mengambil ijazahnya," jelasnya.

Jalur undangan ini, atas permintaan PTN dengan meminta laporan nilai selama tiga tahun dari beberapa PTN termasuk dari Pulau Jawa. Tetapi yang berhasil lolos masuk PTN melalui jalur ini hanya pada empat PTN itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement