Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Singkong Pun Harus Diimpor dari Luar

Rabu 11 Jul 2012 00:01 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Panen singkong

Panen singkong

Foto: iklanmax

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah ternyata mengimpor singkong dari Vietnam dan Cina. ​"Selama bulan Apri-Mei 2012, pemerintah telah mengimpor singkong dari Vietnam sebanyak 1.342 ton dengan harga 340 ribu dolar AS," kata anggota Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi.

Ia menambahkan, pada saat bersamaan, pemerintah juga mengimpor singkong dari negeri Tirai Bambu, Cina.  "Di waktu yang sama, Indonesia juga mengimpor singkong dari Cina sebanyak 5.057 ton seharga 1,3 juta dolar AS," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN).

Sementara itu, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), yang juga anggota DPR RI, Martin Hutabarat menyayangkan kebijakan impor singkong tersebut.  "Impor singkong membunuh petani perlahan demi perlahan," kata Martin.  Ia menyebutkan, wilayah Indonesia sangat luas dan tidak kekurangan singkong sama sekali.  "Tidak sulit menggerakkan petani untuk menanam singkong," sebut politisi dari Partai Gerindra itu.

Ia juga menyebutkan, setiap tahun pemerintah Indonesia menghabiskan dana sekitar Rp125 triliun untuk impor kebutuhan pangan. "Kalau dana itu digunakan dan dibagikan kepada petani, maka dana Rp125 triliun itu akan sangat berguna sekali sekaligus bisa menyejahterakan petani kita," ujar Martin

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA