Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Cuaca tak Menentu Sebabkan Imunitas Tubuh Melemah, Ini Cara Mengatasinya

Senin 09 Jul 2012 13:13 WIB

Rep: Firda Bahalwan/ Red: Heri Ruslan

Mendung menggelayut di atas Gedung Serbaguna di Kompleks Olah Raga Jakabaring, Palembang.

Mendung menggelayut di atas Gedung Serbaguna di Kompleks Olah Raga Jakabaring, Palembang.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Masyarakat perlu mewaspadai perubahan cuaca yang sulit diprediksi. Dr Bahdar T Johan SpPD mengungkapkan, cuaca yang tak menentu bisa menyebabkan imunitas tubuh melemah.

''Kuman akan cenderung berkembang biak dua kali lipat pada saat kadar air di udara dan keadaan langit mendung. Akibatnya, kekebalan tubuh kita akan terganggu'' ujar Bahdar kepada Republika Online dalam acara Lifebouy Berita Sehat, Senin (2/7).

Menurut dia, melemahnya imunitas dalam tubuh sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan. Jika imunitas tubuh melemah, kata Dr Bahdar, berpeluang menyebabkan munculnya penyakit.

''Jika sistem kekebalan melemah, maka bakteri dan virus jahat akan hiperaktif di dalam organ tubuh. Akibatnya, penyakit seperti flu, batuk, radang tenggorokan, hingga infeksi penyakit lainnya akan menyerang,'' paparnya.

Dr Bahdar mengingatkan, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Menurut dia, kuman atau bakteri jahat yang akan mengganggu kesehatan tubuh harus diatasi dengan  mengonsumsi makanan yang sehat dan higienis.

''Masyarakat perlu memperhatikan lingkungan agar tetap bersih serta menerapkan pola hidup sehat agar tubuh tetap sehat dan terjaga dari segala macam penyakit,'' tuturnya.

Ia menambahkan, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat membantu kekebalan tubuh dan berguna sebagai vitamin penambah tenaga.

Buah jeruk, misalnya,  memiliki kandungan vitamin C yang dapat menahan serangan virus. Menurut dia, kandungan flavonoid yang terkandung dalam jeruk juga berfungsi meningkatkan imunitas tubuh. 

''Asupan makanan yang masuk kedalam tubuh manusia juga sangat berpengaruh terhadap produktivitas imunitas.''

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA