Senin 02 Jul 2012 09:30 WIB

Kalah di Final, Prandelli Malah Berubah Pikiran

Cesare Prandelli
Foto: Reuters
Cesare Prandelli

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV - Pelatih tim nasional Italia Cesare Prandelli menegaskan bahwa ia akan meneruskan petualangan tim Azzuri meski dipecundangi Spanyol 0-4 di final Piala Eropa 2012 di Kiev, Ukraina, Senin dinihari WIB.

Sebelum pertandingan final, Prandelli sempat melontar pernyataan bahwa ia akan mempertimbangkan kembali posisinya sebagai pelatih tim nasional Italia usai Piala Eropa 2012 karena masalah pribadi dan juga karena kurangnya perhatian kepada tim nasional diluar turnamen penting.

Namun setelah timnya ditaklukkan dengan skor telak kepada juara bertahan Spanyol, Prandelli yang terikat kontrak sampai 2014, kemudian berubah dengan mengeluarkan pernyataan yang bernada positif soal masa depannya.

"Saya telah memutuskan masa depan saya. Saya tidak mempunyai masalah dengan federasi atau dengan kepemimpinnya. Saya punya hubungan sangat baik dengan mereka. Ada pekerjaan dan saya siap mengerjakannya ke depan," katanya.

Mantan pelatih klub Parma dan Fiorentina, yang menggantikan posisi Marcello Lippi sejak dua tahun lalu, mengatakan bahwa kekalahan di partai final membuatnya berubah pikiran.

"Tentu saja dalam pilihan saya, kekalahan ini juga menjadi salah satu faktor karena tidak mungkin pergi dalam situasi seperti ini," katanya.

"Ini adalah proyek yang menyenangkan, sulit tapi menyenangkan," kata Prandelli sambil menambahkan bahwa ia akan bertemu Presiden Federasi Sepak Bola Italia Giancarlo Abete dalam beberapa hari mendatang.

Meski kalah di final, Prandelli mengakui bahwa ia cukup bangga dengan penampilannya timnya selama Piala Eropa 2012 setelah gagal total di Piala Dunia 2010 serta skandal suap yang mengguncang sepakbola nasional. "Kami pantas untuk mendapatkan nilai delapan dari nilai tertinggi sepuluh," katanya.

"Kami mengawali kejuaraan dengan beberapa masalah, selain itu kami berada satu grup dengan Spanyol. Saya kira kami sudah bermain bagus. Tapi sayangnya kami harus berusaha keras untuk memulihkan stamina menjelang pertandingan final," kata Prandelli.

"Para pemain telah memperlihatkan bahwa jika Anda mempunyai semangat tim, maka Anda bisa mengejar impian. Mereka telah bekerja keras dan memperlihatkan bahwa Anda bisa kalah secara terhormat dan mereka juga bisa mengatasi masalah mereka. Saya sangat bangga kepada tim saya," katanya.

Prandelli tetap mendapat sambutan hangat dari media Italia yang meliput Piala Eropa 2012 pada saat jumpa pers usai pertandingan dan membalas dengan bertepuk tangan kepada mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement