Senin 02 Jul 2012 04:00 WIB

Spanyol Torehkan Rekor Baru

Spanyol Juara Eropa 2012
Foto: AP
Spanyol Juara Eropa 2012

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV - Spanyol menorehkan sejarah baru sebagai negara pertama yang sukses mempertahankan gelar juara Piala eropa 2012 setelah sukses menggulung Italia 4-0 pada pertandingan final di Stadion Olimpiade, Ahad (Senin dini hari WIB). 

La Furia Roja kini juga tercatat sebagai negara satu satunya yang sukses menyabet tiga gelar turnamen internasional berturut turut, yaitu Piala Eropa pada 2008, Piala Dunia 2010 dan kini Piala Eropa 2012.

Empat gol kemenangan Spanyol masing masing diciptakan oleh David Silva, Jordi Alba, Torres dan Juan Matta. Dua gol awal tercipta di babak pertama dan sisanya tercipta di babak kedua. 

Kemenangan dengan skor besar ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah turnamen, melampaui keberhasilan Jerman Barat menang 3-0 atas Uni Soviet pada 1972.

Tidak hanya bagi tim, beberapa anggota skuad Spanyol juga turut serta mencetak rekor baru. 
Iker Casillas, Sergio Ramos, Xabi Alonso, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Francesc Fabregas, dan Fernando Torres menjadi tujuh pemain pertama yang mampu meraih gelar juara di tiga turnamen besar berturut-turut.

Ketujuh pemain itu juga berperan penting dalam membawa Spanyol meraih gelar Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. 

Spanyol pertama kali dinobatkan sebagai Raja Eropa pada 1964. Di turnamen Benua Biru, Tim Matador kini sudah mengoleksi tiga trofi.

Jumlah ini menyamai prestasi Jerman yang tadinya menjadi sebagai negara satu-satunya pendulang tiga piala Eropa (1972, 1980 sebagai Jerman Barat dan pada 1996).

sumber : UEFA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement