Sabtu 30 Jun 2012 14:15 WIB

Stoner Start Terdepan di Sirkuit Assen

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Karta Raharja Ucu
Casey Stoner
Foto: foxsport.com
Casey Stoner

REPUBLIKA.CO.ID, ASSEN -- Juara Dunia Casey Stoner berhasil merebut grid terdepan alias pole position di MotoGP Belanda. Dalam sesi kualifikasi yang berlangsung satu jam, Stoner mencatatkan waktu terbaik alias tercapat satu menit 33,713 detik di Sirkuit Asse, Belanda, Jumat (29/6).

Rider asal Australia itu pun akan memulai balapan di Sirkuit Assen Belanda dari grid terdepan alias pole position, Sabtu (30/6). Secara mengejutkan Stoner yang sempat mengalami kecelakaan akhirnya mampu melewati catatan waktu yang diraih rekan setimnya, Dani Pedrosa, pada menit-menit terakhir sesi kualifikasi.

"Jelas pencapaian waktu lap mengejutkan kami dan sama seperti yang lainnya juga. Kami tidak sadar jika kami secepat itu," ujar Stoner usai memastikan diri meraih pole position di Sirkuit Assen seperti dikutip Autosport.

Boleh dikatakan performa Repsol Honda sangatlah fantastis pada sesi kualifikasi seri balapan MotoGP Assen 2012 di Belanda. Terbukti dengan raihan catatan waktu duo rider mereka, Stoner dan Pedrosa di grid satu dan dua. 

Bagi Stoner ini merupakan pole position kali ketiga yang diraihnya di musim balapan 2012. Pada seri balapan di Portugal dan Catalunya lalu, rider asal Australia ini juga berhasil menempati grid terdepan.

Stoner yang bakal pensiun pada akhir musim ini, tentu tidak akan membuang kesempatan untuk merebut kemenangan di Sirkuit Assen pada seri balapan yang akan dihelat esok. Tahun lalu, gelar juara seri balapan di Sirkuit Assen dipegang oleh rider Yamaha, Ben Spies, sedangkan Stoner hanya mampu finish menjadi runner-up.

Stoner yang terakhir kali naik podium pertama di seri balapan Estoril 2012 bulan Mei lalu ini agak sedikit ragu kecepatan motornya bisa bertahan pada sesi balapan besok di Sirkuit Assen. "Kecepatan untuk membalap memang ada, tapi kami (Repsol Honda) harus memastikan diri bisa terus melaju hingga balapan berakhir," kata Stoner. 

Pedrosa berada di belakang Stoner untuk memulai balapan di Sirkuit Assen. Rider Spanyol ini mencatatkan waktu satu menit 33.828 detik. Diikuti rider Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo di grid ketiga dengan catatan waktu satu menit 34.001 detik.

Sementara juara tahun lalu di Sirkuit Assen, Ben Spies, hanya mampu start di grid keenam. Rekan setim Lorenzo ini hanya mampu mencatatkan waktu terbaiknya satu menit 34.644 detik pada sesi kualifikasi.

Kesempatan Spies masih terbuka untuk kembali ke jalur kemenangan di Sirkuit Assen mengingat dirinya punya kenangan indah karena menjadi juara pada musim lalu. Untuk itu, rider asal Amerika Serikat ini memasang target maksimal di Sirkuit Aseen.

"Saya sangat menantikan balapan ini. Saya menyukai balapan di Sirkuit Assen, dan selalu mendapatkan hasil yang bagus, terutama tahun lalu di mana anda meraih kemenangan pertama," ungkap Spies.

Seperti dilansir dari laman resmi MotoGP, Lorenzo masih memimpin klasemen pembalap di posisi puncak dengan raihan 140 poin. Posisi kedua ditempati oleh Stoner dengan raihan 115 poin. Rekan setim Stoner, yakni Pedrosa mengisi posisi ketiga dengan raihan 101 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement