Kamis 28 Jun 2012 09:36 WIB

Van Marwijk tak Lagi Melatih Belanda

Bert van Marwijk
Bert van Marwijk

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM - Bert van Marwijk tidak akan lagi melatih Belanda. Pelatih 60 tahun ini memutuskan tidak dapat melanjutkan pekerjaannya akibat Belanda kandas di kompetisi Euro 2012, demikian dilaporkan Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

"Sebelumnya saya ragu, tapi akhirnya saya memutuskan mengambil langkah pasti, yaitu mundur," kata Van Marwijk, yang tahun lalu memperpanjang kontraknya empat tahun hingga 2016, seperti dinyatakan dalam laman KNVB (www.knvb.nl).

Belanda, finalis Piala Dunia 2010, tampil mengejutkan di kejuaraan Eropa di Polandia dan Ukraina, karena kalah dalam semua tiga laga penyisihan grup, merupakan penampilan terburuk mereka dalam turnamen besar.

Setelah kalah 0-1 pada laga pembuka turnamen atas Denmark, kemudian mereka kandas lagi 1-2 atas Jerman dan Portugal.

Media Belanda dan para pengamat menyalahkan Van Marjwik atas kegagalan timnya, kemudian mengkritiknya karena dianggap terlalu konservatif, tapi beberapa pemain menawarkan dukungan mereka.

"Van Marwijk melakukan pekerjaan luar biasa ketika membawa tim ke final Piala Dunia 2010 dan ke peringkat pertama FIFA, kata Direktur KNVB Bert van Oostveen.

"Rasanya sedih harus mengucapkan selamat jalan kepadanya, tapi kami juga harus lebih relistis," katanya. Van Marwijk (60) mulai menangani tim nasional Belanda pada Juli 2008, setelah Marco Van Basten mundur.

Di bawah asuhannya, Belanda memenangi 14 pertandingan sebelum kalah 0-1 atas Spanyol pada final Piala Dunia 2010.

Belanda juga tampil mengesankan pada babak penyisihan Euro 2012, memenangi sembilan laga berurutan sebelum kalah atas Swedia di penyisihan terakhir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement