Kamis 28 Jun 2012 04:48 WIB

Pecundangi Portugal, Spanyol Melaju ke Final

Sejumlah pemain Spanyol melakukan selebrasi setelah memastikan satu tempat di babak final Piala Eropa 2012. Spanyol berhask maju setelah menumbangkan Portugal lewat drama adu penalti dalam pertandingan yang digelar di Donetsk, Ukraina, Kamis (28/6) WIB din
Foto: AP Photo
Sejumlah pemain Spanyol melakukan selebrasi setelah memastikan satu tempat di babak final Piala Eropa 2012. Spanyol berhask maju setelah menumbangkan Portugal lewat drama adu penalti dalam pertandingan yang digelar di Donetsk, Ukraina, Kamis (28/6) WIB din

REPUBLIKA.CO.ID, -- Spanyol berpeluang besar mempertahankan gelar juara Eropa setelah memastikan satu tiket final Piala Eropa 2012. Hasil itu didapat setelah Spanyol mengalahkan Portugal lewat drama adu penalti yang berkesudahan 4-2.

Spanyol yang mendapat kesempatan pertama gagal menghasilkan angka. Tendangan Alonso mampu dibaca dengan baik oleh penjaga gawang Portugal, Rui Patricio. Hal yang sama juga menimpa Portugal. Di kesempatan pertamanya, Joao Moutinho juga gagal setelah kiper sekaligus kapten tim Spanyol, Iker Casillas membaca arah bola dengan baik.

Selanjutnya Iniesta (Spanyol), Pepe (Portugal), Gerard Pique (Spanyol), Nani (Portugal), Sergio Ramos (Spanyol) berhasil melaksakan tugas mereka dengan baik.

Nasib sial akhirnya menimpa pemain belakang Portugal, Bruno Alves. Saat menjalankan tugasnya, tendangan Alves hanya menyentuh mistar gawang Casillas.

Kemenangan Spanyol ditentukan oleh Fabregas. Tendangan kaki kanannya meluncur deras ke sisi kanan gawang Portugal. Meski sempat menyentuh mistar gawang, bola berbelok masuk ke dalam gawang.

Spanyol pun melenggang ke babak final Piala Eropa 2012 dengan keunggulan 4-2.

Jalannya Pertandingan

Sejak pluit babak pertama dibunyikan, kedua tim bermain ngotot. Namun Spanyol yang kekuatannya hampir merata di semua lini lebih mendominasi pertandingan. Hingga menit 10 Spanyol tercatat membukukan dua peluang lewat Arbeloa dan Iniesta di menit 9 dan 10. Namun sepakan keduanya masih jauh di atas mistar gawang Portugal.

Sementara Portugal, yang menumpukan serangan lewat Ronaldo di sisi kiri mulai menebar ancaman. Beberapa kali Ronaldo berhasil melakukan tusukan dan melepaskan umpan silang. Namun kegemilangan Casillas di bawah mistar Spanyol masih membuat kedudukan imbang hingga menit 25.

Memasuki menit 40, Spanyol mulai kehilangan permainan. Pergerakan mereka di kotak penalti Portugal monoton dan kerap dipatahkan pemain belakang Portugal. David Silva dan Andres Iniesta yang biasanya begitu ‘licin’ terlihat belum menemukan performa terbaiknya.

Spanyol memang memiliki kemampuan merata pemain di setiap lini. Namun kepercayaan diri pemain Portugal membuat hal itu tidak berarti.

Hingga turun minum, kedua tim masih berbagi angka 0-0.

Memasuki paruh kedua, baik Portugal maupun Spanyol belum melakukan pergantian pemain. Kedua tim juga belum melakukan perubahan strategi yang berbeda dibanding babak pertama. Namun Portugal kini mulai bermain terbuka.

Baru di menit 53 Spanyol menggantikan pergantian pemain. Alberto Negredo yang semula diharapkan membawa perubahan bagi Spanyol ditarik keluar dan diganti oleh Cesc Fabregas. Menit 60 Spanyol juga kembali melakukan pergantian dimana David Silva ditarik keluar dan digantikan Jesus Navas.

Menit 71 Ronaldo mendapatkan peluang lewat tendangan bebas setelah dirinya dijatuhkan Arbeloa. Dari jarak 25 meter Ronaldo melepaskan tendangan yang masih melambung tipis di atas gawang Casillas.

Menit 81 giliran Portugal melakukan pergantian. Nelson Oliveira masuk menggantikan Hugo Almeida.

Menit 87 Spanyol kembali melakukan pergantian pemain. Pedro Rodriguez masuk menggantikan Xavi Hernandez.

Menit 89 Ronaldo mendapat peluang emas. Memanfaatkan serangan balik, Raul Meireles mengirim umpan ke Ronaldo yang berdiri bebas di sisi kanan pertahanan Spanyol. Telah unggul jumlah orang, Ronaldo memutuskan melepaskan tendangan kaki kirinya. Dan lagi-lagi, tendanganya hanya membuat bola jauh meninggalkan lapangan.

Hingga pluit tanda babak kedua berakhir, kedudukan masih imbang 0-0 dan dilanjutkan lewat perpanjangan waktu. Tidak juga menghasilkan angka di perpanjangan waktu, penentuan pemenang akhirnya dilanjutkan lewat drama adu penalti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement