Rabu 27 Jun 2012 23:47 WIB

Hadapi Italia, Jerman Lupakan Statistik & Balas Dendam

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Joachim Loew
Foto: Reuters/Ina Fassbender
Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA – Pelatih Jerman Joachim Loew menginstruksikan anak asuhnya untuk melupakan masa lalu jelang laga semi final Piala Eropa 2012 melawan Italia. Ia meminta para punggawa Der Panzer untuk fokus ke pertandingan dan melupakan misi balas dendam.

Dalam statistik, Jerman tidak pernah mengalahkan Azzurri dalam laga kompetitif. Dari enam laga kompetitif di Piala Dunia dan Piala Eropa, Die Manschaaft keok tiga kali dan seri tiga kali. Pertemuan terakhir kedua negara di semi final Piala Dunia 2006 pun berakhir pahit bagi Jerman.

“Kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Sejarah tidak mempengaruhi rencana kami. Situasi saat ini sangat berbeda,” kata pelatih 52 tahun itu seperti dilansir FIFA.com, Rabu (27/6).

Sejumlah pengamat menilai playmaker Italia yang tengah dalam performa puncak, Andrea Pirlo, akan menjadi momok bagi Jerman. Terlebih, Pirlo pulalah yang memberikan assist gemilang untuk gol telat Fabio Grosso di semi final 2006. Toh itu tak membuat Loew tertarik memberikan servis khusus bagi jenderal lini tengah Azzurri itu.

“Kami tahu kelemahan Italia. Tapi yang lebih penting adalah memainkan permainan kami sendiri dan membuat mereka tak mampu berkembang,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement