Selasa 26 Jun 2012 18:03 WIB

KOI-BCA Berikan Jaminan Hari Tua Peraih Medali Olimpiade

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Dewi Mardiani
Chef de Mission (CDM) Tim Olimpiade Indonesia, Erick Thohir
Foto: Republika/Prayogi
Chef de Mission (CDM) Tim Olimpiade Indonesia, Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menggandeng PT Bank Central Asia Tbk untuk memberikan apresiasi asuransi kesehatan bagi atlet Merah Putih yang berhasil merebut medali, baik emas, perak, ataupun perunggu di Olimpiade London 2012.

"Selain akan diberikan bonus, semua atlet Indonesia yang merebut medali di Olimpiade London akan mendapatkan fasilitas perlindungan asuransi kesehatan. Bonus itu bisa saja habis uangnya sedangkan perjalanan karir seorang atlet sangatlah singkat, jadi kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda bagi hari tua mereka," kata Chef De Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012, Erick Thohir, di Jakarta, Selasa (26/6).

Perlindungan kesehatan yang akan diberikan kepada atlet Merah Putih ini diharapkan dapat memotivasi semangat bertanding pada 27 Juli-12 Agustus di London, Inggris. Erick berharap bekal untuk hari tua para atlet ini setidaknya akan mengurangi beban pikiran tentang kepastian keuangan nantinya.

Ketua KOI, Rita Subowo, menyambut positif komitmen dari Bank Central Asia untuk fasilitas perlindungan asuransi kesehatan bagi para atlet Merah Putih. Wanita yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat ini berharap komitmen jaminan hari tua bagi para atlet dapat terus berlanjut ke depannya.

Fasilitas asuransi BCA ini termasuk dalam program sponsorship yang dilaksanakan KOI untuk mencari sumber dana di luar kas pemerintah. Sebelumnya, KOI telah menggandeng PT Adaro Indonesia Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Indika Energy Tbk, dan League untuk mendukung keberangkatan kontingen Merah Putih ke Olimpiade London 2012.

Sejauh ini, Erick mengungkapkan, komitmen dana dari sponsor mencapai Rp 7,5 miliar. Mengingat Olimpiade London 2012 semakin dekat, KOI agak berat mencari tambahan dana dari sponsor. Jadi, Erick mengatakan pihaknya akan mencari sumber dana lain. "Pertengahan Juli nanti kita akan gelar acara Meet and Greet para atlet dengan pengusaha, termasuk donasi dana masyarakat," ujar Erick.

Dana yang sudah cair untuk keberangkatan kontingen Merah Putih ke Olimpiade London 2012, ungkap Erick, mencapai Rp 3 miliar. Dana tersebut untuk uang muka pembeliaan tiket pesawat dan akomodasi para atlet. Adapun total dana yang diberikan pemerintah untuk Olimpiade London 2012 sebesar Rp 20 miliar dan Rp 6,6 miliar untuk Paralimpik London 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement