Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

UHAMKA Jakarta Siap Didik Mahasiswa Thailand

Selasa 26 Jun 2012 17:09 WIB

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Heri Ruslan

Diskusi Terbatas Integrasi Ilmu yang digelar Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA)

Diskusi Terbatas Integrasi Ilmu yang digelar Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA)

Foto: damanhuri zuhri/republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - -Rektor Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA) Jakarta, Prof Dr Suyatno mengungkapkan siap mendidik generasi muda asal provinsi Yala dan Patani, Thailand Selatan.. Mereka akan mengikuti kuliah program S1 tahun akademik 2012-2013.

''Mereka berjumlah 15 orang dan akan mengambil program studi Farmasi, Psikologi, Pendidikan Islam, Perbankan Syariah, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Bahasa Inggris.  Selain itu mereka juga mendapatkan beasiswa dari UHAMKA,'' ujar Suyatno kepada wartawan di Kampus UHAMKA Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (26/6).

Lebih lanjut Suyatno menjelaskan, para mahasiswa Thailand ini telah mendapatkan beasiswa UHAMKA yang merupakan bagian dari program beasiswa PP Muhammadiyah yang diberikan kepada para generasi muda asal Yala dan Patani, Thailand Selatan.

UHAMKA saat ini, sambung Suyatno, menerima 11 mahasiswa asal Thailand yang masuk pada tahun 2009/2010 dan 2011. Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa meningkat menjadi 15. “Peningkatan kuato ini dikarenakan semakin meningkatnya peminat pemuda Thailand Selatan untuk menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah,”jelasnya.

Ditambahkan, program beasiswa untuk generasi muda asal Yala dan Patani itu merupakan program kerjasama antara PP Muhammadiyah dengan pemerintah Thailand sejak 2008. Tahun 2012 ini tim seleksi yang terdiri dari Majelis DIKTI PP Muhammadiyah, UHAMKA, Univeritas Muhammadiyah Surakarta (UMS)  dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah melakukan penyeleksian atas 119 pelamar dan yang lolos seleksi 71 orang.

Para calon yang dinyatakan lulus, kata Suyatno  akan ditempatkan di 13 PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah), seperti UHAMKA, UMM, UMS, UMY, UAD, UMSU, UNMUH Makasar, UM Palembang, UM Purwokerto, UM Surabaya, UM Jember dan UMJ.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA