Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Melirik Statistik Duel Spanyol vs Portugal

Selasa 26 Jun 2012 00:30 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

 Cristiano Ronaldo berebut bola dengan pemain Cheska Theodor Gebre dalam pertandingan perempat final Piala Eropa 2012.  (Petr David Josek/AP)

Cristiano Ronaldo berebut bola dengan pemain Cheska Theodor Gebre dalam pertandingan perempat final Piala Eropa 2012. (Petr David Josek/AP)

REPUBLIKA.CO.ID, DONETSK - Pada laga semi final Piala Eropa 2012, Kamis dini hari, sang juara bertahan Spanyol akan berhadapan dengan tim asuhan Paulo Bento, Portugal. Berikut ini statistik duel kedua tim tersebut.

Seperti dikutip dari Reuters, Spanyol memang punya rekor lebih baik dalam rekam temu laga kedua tim. Tim matador telah memenangi 16 laga sedangkan The Seleccao hanya memenangi enam laga.

Namun Portugal punya keuntungan psikologis, karena memenangi pertandingan persahabatan terakhir atas Spanyol, dengan skor mengejutkan, 4-0 di Lisbon, November 2010, hanya beberapa bulan setelah Spanyol menjadi juara dunia.

Pertandingan semi final ini merupakan kali keempat kedua tim bertemu pada turnamen besar. Pada Piala Eropa 1984, Spanyol dan Portugal bermain imbang 1-1.

Pada Piala Eropa 2004, giliran Portugal menekuk La Furia Roja, 1-0. Namun pada perdelapan final Piala Dunia 2010, Spanyol memaksa Portugal angkat koper setelah memenangi pertandingan, 1-0.

Portugal pernah mencapai tiga kali semi final pada Kejuaraan Eropa. Setelah kalah 1-2 dari Prancis pada perempat final Piala Eropa 2000.

Namun Portugal berhasil lolos ke laga final Piala Eropa 2004 dengan mengalahkan Belanda 2-1. Sayang pada laga final melawan Yunani, Portugal tak mampu mengalahkan negeri para dewa. Dan pada Piala Eropa 2008, Portugal angkat koper setelah kalah 2-3 dari Der Panzer.

Saat ini striker Portugal Cristiano Ronaldo telah mencetak enam gol pada turnamen Piala Eropa. Tiga di antaranya ia cetak pada dua pertandingan Portugal di Piala Eropa 2012.

Saat ini rekor golnya sama dengan Nuno Gomes, mantan pemain Portugal. Jika Ronaldo mampu mencetak gol pada laga semi final melawan Spanyol, maka ia akan menjadi pemain Portugal dengan gol terbanyak.

Setelah mengalahkan Prancis, Spanyol menambah rekor tak terkalahkan mereka pada laga kompetitif internasional menjadi 18 pertandingan. Spanyol pun tak pernah kebobolan pada tiga pertandingan terakhir mereka dan hanya kebobolan delapan gol dari 18 pertandingan.

Pada laga kompetitif internasional terakhir mereka, La Furia Roja memiliki sembilan pencetak gol yang berbeda, yakni David Villa, Xavi, Alvaro Negredo, Juan Mata, David Silva, Cesc Fabregas, Fernando Torres, Jesus Navas, dan Xabi Alonso.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA