Senin 25 Jun 2012 07:05 WIB

Malam Sempurna Xabi Alonso

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Didi Purwadi
Xabi Alonso
Foto: AP Photo/Michael Sohn
Xabi Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, DONETSK -- Xabi Alonso melakoni laga ke-100 bersama tim nasional Spanyol dalam laga melawan Prancis di babak perempat final Piala Eropa 2012. Ia menandai momen itu dengan performa menawan dan menjadikan Donbass Arena sebagai panggung pertunjukannya.

Dalam laga itu, Alonso memborong dua gol kemenangan Spanyol. Ia membuka aksinya dengan sundulan terarah yang menembus jala Prancis pada menit ke-19. Jelang akhir laga, gelandang klub Real Madrid ini menyempurnakan malamnya dengan mencetak gol dari titik penalti.

Hasil itu membawa Spanyol melangkah ke babak semifinal dalam tiga turnamen beruntun. Karena kontribusinya ini, Alonso dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam laga itu.

"Mencapai laga ke-100, lolos ke babak semifinal, dan mencetak dua gol. Saya sangat senang laga berjalan seperti itu," ujar Alonso seperti dilansir laman resmi UEFA.

Gelandang berusia 30 tahun itu kini tercatat dalam lima besar pemain dengan penampilan terbanyak bagi skuat La Furia Roja. Alonso menjadi bagian Spanyol saat meraih momen kejayaannya selama lima tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement