Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Xabi Alonso: Kami Menguasai Sejak Awal

Ahad 24 Jun 2012 05:21 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Xabi Alonso merayakan gol ke gawang Prancis, Ahad (24/6) dinihari WIB.

Xabi Alonso merayakan gol ke gawang Prancis, Ahad (24/6) dinihari WIB.

Foto: AP Photos

REPUBLIKA.CO.ID, DONETSK - Xabi Alonso menegaskan kalau Spanyol lebih menguasai jalannya pertandingan perempat final melawan Prancis di Donetsk, Ukraina, Ahad (24/6). Ia juga mengaku gol pertamanya-lah yang membuat permainan Tim Matador menjadi lebih mudah. 

"Pada pertandingan inilah kami menunjukan kami yang sebenarnya. Kami menguasainya dari awal sampai akhir. Tim membuat segala sesuatunya lebih mudah," ungkap Xabi setelah pertandingan, Ahad. 

Gol pembuka kemenangan Spanyol dibukukan Alonso pada menit ke 19. Alba yang berhasil melewati pemain belakang Prancis mengirimkan umpan silang manis ke tengah, dimana pemain Real Madrid yang berdiri tanpa kawalan itu menandukan bola dan tak mampu dihalau kiper Lloris.

Bagi gelandang penyemat nomor punggung 14 itu, golnya terasa istimewa. Itu menandai penampilan ke 100-nya bersama timnas dengan manis. "Saya senang mengenai pertandingan ke 100 dan gol itu," kata Xabi. 

Bagi Xabi, melawan Prancis bukanlah hal mudah, meski secara statistik mereka lebih dominan. 

"Kami mengontrol pertandingan meskipun tidak mudah melawan tim yang bertahan cukup dalam. Itu menjadi lebih mudah setelah gol itu. Ini adalah pertandingan perempat final yang besar dan Anda harus tahu bagaimana cara bermain dengan mereka," kata pemain yang juga mencetak gol melalui titik penalti di menit 91 ini.

Dua sumbangan gol Xabi untuk Spanyol sekaligus memutus nasib apes Tim Matador yang tercatat selalu kalah dari Prancis di panggung turnamen Internasional. Dari lima kali pertemuan, Les Blues mampu memenangkan empat diantaranya, dimana satu laga berujung seri.

Di semi final Piala Eropa 2012, Spanyol sudah ditunggu tim Portugal, yang lolos lebih dulu setelah membekuk Ceska pada Jumat (24/6). La Furia Roja pun kini makin dekat untuk membuat rekor sebagai tim yang bisa mempertahankan gelar juara Piala Eropa dua kali berturut-turut. 

sumber : UEFA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA