Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Gasak Prancis 2-0, Spanyol ke Semifinal

Ahad 24 Jun 2012 04:13 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

 Gelandang Spanyol Xabi Alonso, kedua dari kiri, merayakan gol keduanya bersama rekan setim pada pertandingan perempat final melawan Prancis di Donetsk, Ukraine, Ahad, 23 Juni 2012.

Gelandang Spanyol Xabi Alonso, kedua dari kiri, merayakan gol keduanya bersama rekan setim pada pertandingan perempat final melawan Prancis di Donetsk, Ukraine, Ahad, 23 Juni 2012.

Foto: AP Photo/Ivan Sekretarev

REPUBLIKA.CO.ID, DONETSK - Spanyol melenggang mulus ke semi final setelah sukses membekuk Prancis dengan dua gol tanpa balas di Donbass Arena Donetsk, Ukraina, Ahad (24/6) dinihari WIB. 

Xabi Alonso, yang menjalani laga ke 100-nya bersama timnas dinihari tadi, menjadi pahlawan kemenangan setelah sukses menyarangkan kedua gol La Furia Roja ke gawang kiper Prancis Hugo Lloris.

Gol pertama gelandang Real Madrid itu tercipta pada menit ke 19 melalui tandukan kepala. Sementara gol kedua dihasilkan melalui tendangan penalti di penghujung babak, tepatnya menit 91.

Mengusung formasi 4-3-3, pasukan pelatih Vicente Del Bosque lebih menguasai jalannya pertandingan sejak awal babak pertama. UEFA mencatat, Iniesta dan kawan kawan mampu menguasai bola hingga 55 persen lebih banyak, dengan melancarkan sembilan tendangan, dimana lima diantaranya mengenai sasaran.

Tim Ayam Jantan sesekali kerap melancarkan serangan berbahaya. Namun, peluang mereka terus kandas berkat pertahanan kokoh yang dikomandani sang kapten, kiper Iker Casillas. Tercatat ada empat tembakan yang dilepaskan penggawa Prancis, satu mengarah ke target.

Hasil ini sekaligus memutus nasib apes Tim Matador yang tercatat selalu kalah dari Prancis di panggung turnamen Internasional. Dari lima kali pertemuan, Les Blues mampu memenangkan empat diantaranya, dimana satu laga berujung seri.

Di semi final Piala Eropa 2012, Spanyol sudah ditunggu tim Portugal, yang lolos lebih dulu setelah membekuk Ceska pada Jumat (24/6).

La Furia Roja pun kini makin dekat untuk membuat rekor sebagai tim yang bisa mempertahankan gelar juara Piala Eropa dua kali berturut-turut.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit dibunyikan wasit asal Italia, Nicola Rizzoli, Spanyol mampu mengendalikan jalannya pertandingan. La Furia Roja yang memulai pertandingan tanpa Torres, beberapa kali menebar ancaman ke gawang kiper Prancis, Hugo Lloris.

Namun, upaya pasukan Amarah Merah mengoyak gawang Les Bleus masih selalu gagal. Lini belakang Prancis yang kokoh maupun posisi rekan se-tim yang tidak ada di tempat yang diinginkan masih menyulitkan Iniesta dan kawan kawan mencetak gol.

Spanyol sempat membuka peluang pada menit ke 8 saat Xabi Alonso mencoba menjajal kiper Prancis. Gelandang Real Madrid itu melepaskan tembakan dari jarak jauh. Namun tembakannya dengan mudah ditangkap Lloris.

Serangan deras Spanyol akhirnya berbuah hasil pada menit ke 19. Jordi Alba yang mendapat operan dari Iniesta, berhasil menyusuri sayap kiri, melewati bek, lalu mengirim umpan silang manis ke tengah. 

Xabi yang berdiri bebas tanpa kawalan di depan gawang menandukan bola ke jala Lloris, yang tak mampu menghalaunya. Gol ini sekaligus menandai penampilan ke 100 di timnas bagi gelandang bernomor punggung 14 tersebut.

Kesempatan membalas gol sempat datang pada Prancis di menit ke-25. Karim Benzema, yang sebelumnya mendapat pelanggaran dari Xabi Alonso melepaskan tendangan bebas keras. Namun, bola hasil sepakannya, masih melayang ke atas mistar gawang.

Tendangan bebas dari Yohan Cabaye juga masih belum bisa menyamakan kedudukan setelah menuju kanan atas gawang Spanyol. Penampilan gemilang Iker Casillas juga sempat mematahkan kesempatan saat kemelut terjadi di depan gawang pasca tendangan pojok.

Spanyol kembali membuat beberapa peluang lewat umpan Fabregas, namun Iniesta gagal mengonversinya jadi gol. Pique pun mencoba peruntungannya untuk mendobrak gawang Lloris tapi masih gagal.

Hingga lima menit menjelang turun minum, para pemain La Furia Roja terus menekan. Namun hingga babak pertama usai, Spanyol masih unggul 1-0 atas Prancis.

Memasuki babak kedua Prancis sempat membuka inisiatif menyerang. Pada menit ke-60, Debuchy nyaris membuat gol perdana untuk Prancis namun bola melayang ke atas mistar. 

Prancis juga menyia-nyiakan kesempatan, saat tembakan Benzema di menit 64 melambung jauh ke atas gawang Spanyol.

Laurent Blanc mencoba mengganti strategi dengan memasukkan Menez dan Nasri untuk menggantikan Malouda dan Debuchy. Sementara itu, Del Bosque menginstruksikan Pedro untuk menggantikan David Silva pada menit ke-65.

Riuh sorak sorai penonton di Donbass Arena bergema saat Del Bosque juga ikut menurunkan Torres, menggantikan Fabregas. 

Torres, yang sudah mengemas dua gol pada penyisihan grup, tampil ngotot. Sayang sejumlah peluang emas yang didapatnya masih kandas, terutama karena offside.

Spanyol akhirnya mengunci kemenangan mereka di penghujung babak kedua. Aksi Reveillere, yang melanggar Pedro di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Alonso, yang menjadi algojo, berhasil melesakan gol keduanya dengan sempurna.

Menjelang peluit panjang dibunyikan, Spanyol tetap mendominasi pertandingan. Namun hingga babak kedua berakhir skor 2-0 bertahan.

Susunan Pemain

Spanyol [4-3-3]: Casillas, Arbeloa, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba, Xavi, Busquets, Alonso, Silva (Pedro Rodriguez 65), Fabregas (Torres 67), Iniesta (Santi Cazorla 84).

Prancis [4-3-3]: Lloris, Reveillere, Rami, Koscielny, Clichy, M''Vila (Giroud 79), Debuchy (Menez 64), Cabaye, Malouda (Nasri 65), Ribery, Benzema.

sumber : UEFA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA