Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Babak I, Spanyol Ungguli Prancis 1-0

Ahad 24 Jun 2012 02:45 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Tim Spanyol merayakan gol ke gawang Prancis

Tim Spanyol merayakan gol ke gawang Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, DONETSK - Spanyol sementara unggul 1-0 atas Prancis pada laga perempat final yang berlangsung di Donbass Arena Donetsk, Ukraina, Ahad (24/6) dinihari WIB. Gol pertama La Furia Roja diciptakan Xabi Alonso pada menit 19. 

Gol tunggal di babak pertama ini tercipta berkat umpan silang Jordi Alba dari sayap kiri. Alba yang mendapat operan dari Iniesta, berhasil merangsek, melewati bek, lalu mengirim umpan silang manis ke tengah. 

Xabi yang berdiri bebas tanpa kawalan di depan gawang menandukan bola ke jala Lloris, yang tak mampu menghalaunya. Gol tunggal Spanyol di babak pertama ini sekaligus menandai penampilan ke 100 bagi gelandang bernomor punggung 14 tersebut.

Spanyol, yang kembali tidak menurunkan striker murni pada pertandingan ini, mendominasi penguasaan bola sepanjang babak pertama, yaitu 64 persen lebih banyak dari Prancis. 

Soal agresifitas serangan, tim Matador juga masih lebih unggul dengan 6 tembakan dimana tiga diantaranya mengenai target. Sebaliknya, skuad Ayam Jantan tercatat baru mampu melepaskan tiga tendangan, dengan satu gol menuju sasaran. 

Mengusung formasi 4-3-3 Del Bosque kembali menempatkan trisula Fabregas, Iniesta dan David Silva sebagai penggedor pertahanan lawan. 

Sementara di lini pertahanan, La Furia Roja masih dikawal Jordi Alba, Sergio Ramos, Gerard Pique dan Alvaro Albeloa. Di bawah mistar gawang, Iker Casillas, sang kapten, masih tetap menjadi andalan.

Sebaliknya di kubu Prancis, perubahan terjadi di barisan pertahanan. Posisi Mexes, yang mendapat hukuman akumulasi kartu kuning, digantikan oleh bek Laurent Koscielny. 

Dalam pertandingan ini, Prancis menempatkan Samir Nasri dan Alou Diarra di bangku cadangan. Anthony Reveillere menggantikan posisi Mathieu Debuchy sebagai bek kanan. Debuchy sendiri digeser ke lini tengah.

Sebagai juru gedor, Prancis masih menurunkan Karim Benzema. Penyerang Real Madrid ini mengandalkan sokongan Franck Ribery dan Florent Malouda. 

Hingga turun minum, Spanyol sementara unggul 1-0 atas Prancis. 

Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): Iker Casillas (kapten); Alvaro Arbeloa, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Xavi, Sergio Busquets, Xabi Alonso; David Silva, Cesc Fabregas, Andres Iniesta
Pelatih: Vicente del Bosque
Prancis (4-3-3): Hugo Lloris (kapten); Anthony Reveillere, Adil Rami, Laurent Koscielny, Gael Clichy; Yohan Cabaye, Yann M'Vila, Florent Malouda; Mathieu Debuchy, Karim Benzema, Franck Ribery
Pelatih: Laurent Blanc

sumber : UEFA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA