Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Saint Iker, Kiper Paling Efisien Minim Kebobolan

Sabtu 23 Jun 2012 10:51 WIB

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Iker Casillas

Iker Casillas

Foto: Reuters/Sergio Perez

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV — UEFA merilis data statistik terkait penyelamatan yang dilakukan seorang kiper setelah melalui tiga laga dari empat grup di Piala Eropa 2012. Iker Casillas tercatat menjadi kiper terdepan yang paling banyak melakukan penyelamatan.

 Ia memiliki tingkat kesuksesan 90 persen dari upaya penyelamatannya. Dari 11 kali tendangan lawan ke arah gawang, 10 kali di antaranya sukses diselamatkannya. Casillas menjadi kiper paling sedikit kebobolan, hanya satu gol.

Saint Iker--julukan Casillas--menjadi kiper paling efisien di turnamen yang digelar di Polandia dan Ukraina itu. Saint Iker bertengger di posisi teratas dalam ranking, mengungguli kiper Gli Azzurri, Gianluigi Buffon (84 persen) dan kiper the Three Lions, Joe Hart (82 persen).

Buffon berada di peringkat kedua dengan kebobolan dua gol dan 11 kali membuat penyelamatan, diikuti Hart yang kebobolan tiga gol dan 14 kali membuat penyelamatan.

Penyelamatan impresif Casillas dari sundulan pemain Kroasia Ivan Rakitic di laga pamungkas Grup C mampu memikat pecinta bola. Tapi aksi itu bukan satu-satunya momen terbaik di turnamen sejauh ini. Kiper Real Madrid itu sebelumnya membuat dua kali penyelamatan krusial pada laga tersebut.

Dua penyelamatan lainnya terjadi pada laga kontra Republik Irlandia, dan lima kali saat La Furia Roja menghadapi Italia. Lawannya pada laga Sabtu, (23/6) dini hari, kiper Les Bleus Hugo Lloris, menempati urutan kesebelas, kebobolan tiga gol dari lima kali tendangan (62 persen). Kita tunggu aksi gemilang kapten timnas Spanyol itu dalam mengamankan gawangnya dari gempuran Karim Benzema dkk.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA