Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Gol Tunggal Spanyol Jungkalkan Kroasia

Selasa 19 Jun 2012 06:00 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

 Spanyol merayakan gol Navas.

Spanyol merayakan gol Navas.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, GDANKS -- Kroasia menjadi tim kedua di Grup C yang harus angkat koper dari Piala Eropa setelah gol sematawayang Jesus Navas berhasil membawa Spanyol menang 1-0 pada laga pamungkas di Gdansk, Selasa (19/6) dinihari WIB.

Tim asuhan Slaven Bilic dipastikan terdepak setelah pada pertandingan penentu lain, Italia memecundangi Irlandia dengan skor 2-0.

Kemenangan krusial itu melejitkan Gli Azzurri ke peringkat kedua klasemen dengan lima poin, alias unggul satu poin dari Kroasia. Itu artinya, Italia-lah yang lebih berhak mendampingi Spanyol melenggang ke babak delapan besar.

Gol satu-satunya La Furia Roja baru bisa tercipta pada menit ke 87. Gelandang Andres Iniesta yang lolos dari jebakan offside mampu menguasai bola hasil umpan lambung Fabregas.

Setelah menggiring bola tanpa kawalan, Iniesta mengoper bola pada Jesus Navas yang ada di sisi kanan. Navas yang berdiri bebas tanpa hadangan kiper, dengan leluasa menceploskan bola. 

Tim asuhan Vicente Del Bosque, yang mengandalkan formasi 4-3-2-1, tercatat tampil lebih dominan selama 90 menit waktu pertandingan. Mereka 64 persen lebih banyak menguasai bola, dengan melancarkan 14 kali tendangan ke arah gawang, dimana sembilan diantaranya mengenai sasaran.

Fernando Torres, yang kembali menjadi starter dalam laga ini, sempat beberapa kali menebar ancaman ke gawang kiper Stipe Pletikosa. Namun, upayanya menambah pundi gol di Piala Eropa kali ini masih bisa dimentahkan.  

Kroasia, yang ngotot dan bermain penuh determinasi, juga bukannya tanpa serangan. Luka Modric dan kawan kawan tercatat beberapa kali mengancam gawang Casillas dengan serangan balik cepat mereka.  

Peluang terbaik Kroasia didapat di babak kedua, tepatnya pada menit ke-60. Luka Modric melepaskan umpan silang yang disambut sundulan Ivan Rakitic, namun Casillas masih mampu menggagalkannya

Demi memecah kebuntuan, Del Bosque memutuskan untuk melakukan perubahan strategi di babak dua, yaitu menggantikan Torres dengan Jesus Navas, lalu David Silva-Fabregas.

Keputusan itu terbukti jitu. Satu gol telat Navas, yang bermula dari kecerdikan Fabregas, memastikan Spanyol melenggang mulus ke babak delapan besar dengan mengantongi tujuh poin. 

Spanyol lolos sebagai juara Grup C dan akan memainkan pertandingan perempat final mereka di Donetsk, Ukraina, pada Sabtu mendatang melawan peringkat kedua Grup D. 

Susunan Pemain:

Kroasia: 1-Stipe Pletikosa; 21-Domagoj Vida (9-Nikica Jelavic 65'), 5-Vedran Corluka, 13-Gordon Schildenfeld, 2-Ivan Strinic; 7-Ivan Rakitic, 8-Ognjen Vukojevic (22-Eduardo 81'); 11-Darijo Srna, 10-Luka Modric, 6-Danijel Pranjic (20-Ivan Perisic 65'); 17-Mario Mandzukic 

Spanyol: 1-Iker Casillas; 17-Alvaro Arbeloa, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; avi, 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso; 21-David Silva (10-Cesc Fabregas 73'), 9-Fernando Torres (22-Jesus Navas 60'), 6-Andres Iniesta

sumber : UEFA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA