Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Keajaiban Itu Bernama Pesawat Terbang

Ahad 17 Jun 2012 23:57 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

pesawat

pesawat

Foto: toonpool.com

REPUBLIKA.CO.ID,Semua makhluk hidup pada zaman dahulu tak pernah membayangkan untuk terbang. Gaya gravitasi selalu menarik kita ke bawah. Langit menjadi area tak terjamah untuk ribuan tahun lamanya. Akan tetapi, penemuan Wright bersaudara pada tahun 1903 membuat semuanya berubah. Lahir sebuah alat yang dapat menerbangkan makhluk hidup. Alat itu merupakan pesawat terbang.

Hampir seratus tahun kemudian, pesawat terbang menjadi sarana umum bagi orang-orang. Orang menggunakan pesawat terbang untuk mengakses daerah yang jauh, bersenang-senang, atau bahkan melindungi negaranya. Langit pun dipenuhi oleh banyak pesawat terbang dengan penerbangan rutin setiap hari. Walaupun begitu, saya ingat sekali pada tahun 2000, saya masih meragukan pesawat terbang.

Saat itu saya enggan untuk menggunakan pesawat terbang. Bagi saya, sebuah hal yang mustahil bagi benda sebesar itu untuk mengudara berjam-jam lamanya. Saya ingin berjalan di udara. Akan tetapi, setelah bujukan orang tua saya dan rasa rindu saya kepada nenek saya di Medan, saya memilih untuk ikut naik pesawat terbang. Saya ingat saat itu saya merasa takut untuk melihat keluar dari jendela. Akhirnya pesawat terbang itu lepas landas dan saya merasakan sakit perut karena gugup. Saya masih meragukan pesawat terbang ini dapat membawa saya dan keluarga ke Medan dengan aman.

Meskipun begitu, keraguan dan kegugupan saya segera tertutup oleh kekaguman saya. Pemandangan daratan yang mulai mengecil terlihat dari jendela dan saya segera terpukau. Saya terbang. Saya merasakan sensasi yang sangat berbeda. Semuanya terasa sama seperti di daratan. Saya dapat berjalan-jalan di koridor pesawat dan dapat makan. Saya juga dapat melihat pemandangan kecil daratan dan lautan. Bagian yang terbaik adalah saya dapat tiba di tempat tujuan dengan cepat.

Sejak saat itu, saya melihat pesawat terbang sebagai keajaiban dunia. Pesawat terbang menghubungkan satu daerah dengan daerah lain yang jauh. Meskipun saya tahu bahwa kadang-kadang terjadi kecelakaan pesawat terbang, saya masih yakin bahwa pesawat terbang merupakan salah satu penemuan terhebat yang pernah ada. Karena pesawat terbang telah mengabulkan permintaan manusia sejak dahulu kala, yaitu berjalan di udara.
    
penulis: Rainer Marko (mahasiswa jurusan Akutansi FEUI 2011)

sumber : FEUI
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA