Jumat 15 Jun 2012 09:44 WIB

Inilah Mereka yang Dilarang Jadi Vegetarian

Rep: rosita budi suryaningsih/ Red: Heri Ruslan
Daging untuk vegetarian
Foto: Time
Daging untuk vegetarian

REPUBLIKA.CO.ID,  Gaya hidup vegetarian atau tidak mengonsumsi bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan kini sedang menjadi tren. Untuk beberapa kondisi tertentu, menurut ahli gizi dari departemen gizi masyarakat IPB, Prof dr Hardinsyah, vegetarian dibolehkan.

Vegetarian, menurutnya, bisa diterapkan untuk orang-orang yang mengalami kelainan dalam pencernaan, atau menderita penyakit tertentu sehingga tidak disarankan mengonsumsi bahan hewani.

Namun, untuk kondisi lain, menjadi vegan, yaitu orang yang tidak mengonsumsi bahan hewani, tidak disarankan. ''Terutama dalam masa pertumbuhan,'' ujarnya.

Dalam masa pertumbuhan, ada kandungan dari protein hewani yang sangat diperlukan oleh tubuh, yaitu vitamin B12. ''Vitamin ini sama sekali tidak bisa ditemukan di bahan nabati,'' ujarnya.

Jika kekurangan vitamin B12 ini, tubuh tidak akan bisa tumbuh secara maksimal. Padahal tubuh hanya punya kemampuan untuk tumbuh hingga manusia beranjak remaja.

''Jika  sekarang ini banyak anak-anak yang vegetarian, itu sangat salah kaprah,'' katanya. Karena jika tubuh sudah tidak mengalami pertumbuhan lagi, asupan vitamin B12 sebanyak apapun tidak akan terlalu bermanfaat lagi.

Kalangan yang menurutnya sangat dilarang menjadi vegetarian ini, menurutnya adalah anak-anak, remaja, ibu hamil, juga calon ibu hamil. ''Jika ibu hamil kekurangan vitamin B12, anaknya juga tidak akan tumbuh maksimal,'' paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement