Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Demi Pemilu 2014, Demokrat Jabar Buka Pendaftaran Caleg

Jumat 08 Jun 2012 23:46 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Bendera Partai Demokrat.

Bendera Partai Demokrat.

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Meski Pemilu 2014 baru digelar dua tahun lagi, Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Barat akan membuka pendaftaran calon legislatif  minggu depan.

"Aturan pencalegan dari pusat memang memang belum ada, tapi untuk sementara kami akan berpatokan pada mekanisme pencalegan 2009," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan R Sulandjana di Kota Bandung, Jumat (8/6)

Iwan menuturkan, pihaknya tidak akan mencalonkan anggota legislatif yang tidak loyal kepada partai dan fraksi. Kader yang kurang berperan aktif sebagai wakil rakyat juga tidak dicalonkan kembali pada Pemilu Legislatif 2014.

Pihaknya membuka pendaftaran caleg dari Partai Demokrat jauh-jauh hari supaya caleg yang terpilih benar-benar wakil rakyat yang diharapkan masyarakat. Selain itu cara ini diharapkan untuk memenuhi kuota, salah satunya kuota 30 persen bagi caleg perempuan.

"Kami juga akan mempertimbangkan untuk tidak mencalonkan lagi anggota legislatif yang tidak loyal dan kurang berperan, serta kurang berjuang untuk partai. Akan tetapi sebaliknya, kami akan memprioritaskan angota legislatif yang banyak berperan, baik untuk partai maupun rakyat," kata Iwan.

Menurutnya, pencalegan akan dibuka untuk kader pantai dan non-kader. Dalam hal ini Partai Demokrat akan memberikan kesempatan kepada masyarakat Jabar yang bukan kader tapi memiliki kesamaan visi dan misi untuk membangun Jabar.

"Namun, kami tetap akan memprioritaskan kader dibanding nonkader. Tapi jika dibandingkan antara kader dan nonkader ternyata dilihat dari berbagai keriteria nonkader lebih unggul, kami akan memilih nonkader," ujar dia.

Ia mengatakan kriteria calon legislatif antara lain, mampu berkomunikasi aktif, kalau memungkinkan minimal berpendidikan sarjana dan lain-lain. "Kami juga akan melakukan fit and proper test, psikotes, dan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh caleg yang mendaftar," kata dia.

Pihaknya menambahkan, pengalaman pada Pemilu Legislatif 2009, caleg yang mendaftar rata-rata melebihi kuota yang ditentukan dan proses pendaftaran caleg ini berlaku juga di setiap DPC kabupaten/kota di Jabar.

"Untuk saat ini, ada juga DPC yang sudah membuka pendaftaran caleg Pemilu Legislatif 2014, salah satunya adalah Kabupaten Garut," kata Iwan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA