Jumat 08 Jun 2012 14:23 WIB

Morientes: Spanyol Masih Favorit Juara Euro

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Karta Raharja Ucu
Legenda sepak bola Spanyol, Fernando Morientes
Legenda sepak bola Spanyol, Fernando Morientes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai juara bertahan, Spanyol masih dijagokan sebagai salah satu tim favorit juara di Piala Eropa 2012. Mantan juru gedor Timnas Spanyol, Fernando Morientes percaya, kualitas yang dimiliki para punggawa tim Matador menjadi jaminan Fernando Torres dkk mampu mempertahankan tropi Henri Delaunay yang diraih empat tahun lalu di Belgia-Belanda.

"Saya kira Spanyol masih jadi favorit juara Piala Eropa. Tetapi masih ada tim-tim lain yang kuat seperti Belanda, Jerman, Perancis dan Italia," kata Morientes saat Press Briefing Sportacular EURO 2012 di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat (8/6).

Mantan tandem Raul Gonzales di Real Madrid ini menilai, Spanyol memiliki sejumlah pemain kunci yang berpengalaman untuk mempertahankan titel sebagai yang terbaik di benua biru. Nama-nama besar seperti Iker Casillas, Xavi Hernandez, dan Xabi Alonso menurut Morientes masih bisa mempertontonkan aksi terbaiknya di Polandia-Ukraina.  

Prajurit La Furia Roja lainnya yang diprediksi Morientes bakal bersinar di Euro 2012 adalah El Nino alias Fernando Torres. "Torres kalau banyak cetak gol bisa bersinar," prediksi pesepakbola yang pernah berkostumkan Liverpool ini.

Sebelum berhasil mengawinkan gelar Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, Timnas Spanyol yang mayoritas berisikan pemain Madrid dan Barcelona, indentik dengan perpecahan bangsa Katalan dan Spanyol. Tapi, di mata pria 36 tahun tersebut, perbedaan itu merupakan karateristik El Matador. "Memang sulit untuk mengatur 23 pemain menjadi satu, tapi itulah karakteristik timnas Spanyol," ungkap Morientes yang pernah merumput bersama Valencia.

Dan semua perbedaan di dalam skuat La Furia Roja pun terpecahkan pascamenjadi juara dunia dan Eropa. Timnas Spanyol kini tampil lebih kompak dan tidak membedakan perihal bangsa Katalan dan Spanyol.

Di Polandia-Ukraina, Spanyol tergabung di Grup C bersama Italia, Republik Irlandia dan Kroasia. Laskar Vicente Del Bosque ini diprediksi akan lolos dari penyisihan grup bersama Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement