Selasa 22 May 2012 13:56 WIB

Naik Truk, Esemka Rajawali Jalani Uji Emisi Pekan Depan

Esemka Rajawali
Foto: antara
Esemka Rajawali

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO--Mobil Esemka Rajawali rakitan para pelajar SMK diharapkan antara tanggal 28 sampai 30 Mei 2012 sudah tiba di Balai Termodinamika Motor dan Propulis (BTMP) Serpong, Tangerang untuk menjalani uji emisi yang kedua. Uji emisi yang pertama tanggal 27 Pebruari 2012 tidak lolos.

"Kami belum bisa menentukan uji emisi itu kapan dilakukan, karena harus antri dulu, tetapi yang jelas kami berharap antara tanggal 28 sampai 30 Mei 2012 mobil itu harus sudah berada di BTMP Serpong, Tangerang," kata Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Rudy) di Solo, Selasa.

Ia mengatakan Esemka akan diangkut dengan truk ke Tangerang, tidak seperti uji emisi pertama yang jalan darat dari Solo menuju BTMP..

Mobil Esemka sekarang ini masih menjalani uji emisi mandiri di Bengkel Tiga Dara Grogol, Sukoharjo, serta pembenahan lainnya. Menyinggung mengenai masalah lampu dan lainnya yang dinyatakan masih belum sempurna pada uji emisi pertama, Rudy mengatakan semua itu sudah dilakukan perbaikan dan hasilnya di coba sudah bagus.

Rudy mengatakan, pihaknya optimistis untuk uji emisi kedua ini akan lolos, dan bahkan juga sudah menyiapkan data pembanding hasil uji emisi mobil sport buatan Jepang. Dia mengatakan, kadar CO emisi gas buang mobil tersebut masih berada pada angka 6,7 g/km.

Ia mengatakan, padahal standar batas gas buang kendaraan ebrmotor tipe baru yagn disyaratkan dari Kementerian Lingkunga Hidup CO 5gr/ km dengan HC Nox 0,7 gr/ km.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement