Kamis 26 Apr 2012 06:40 WIB

Wah, UN SD akan Disisipi Pernyataan Kejujuran

Rep: Agus Raharjo/ Red: Hafidz Muftisany
Ujian Nasional (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Ujian Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -Ujian Nasional Sekolah Dasar akan dilaksanakan 7 hingga 9 April mendatang. Untuk mengantisipasi tingkat kecurangan, Dinas Pendidikan Jawa Timur menyisipkan lembar pernyataan untuk jujur.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun, di dalam lembar jawaban soal telah ditulisi kalimat pernyataan untuk disalin siswa yang mengerjakannya. Kalimat itu berbunyi  " Salinlah Kalimat Ini: Saya Mengerjakan Ujian dengan Jujur". Menurut Harun, itu merupakan kalimat untuk mendidik anak menjadi jujur. Sebab, dalam usia siswa SD, masih mencari jati diri dan harus dikenalkan dengan nilai-nilai kejujuran.

"Setelah disalin, tulisan itu harus ditandatangani oleh siswa yang bersangkutan," katanya pada wartawan, Rabu (25/4).

Pelaksanaan UN SD di Jawa Timur sendiri akan diselenggarakan oleh 20.136 sekolah. Jumlah keseluruhan siswa SD yang mengikuti ujian tahun ini sebanyak 646.479 siswa. Keseluruhan penyelenggaraan UN di Jatim dibagi menjadi 3131 penggugus. 

Selain SD, Jatim juga akan menyelenggarakan UN untuk SDLB. Menurut Kepala Bidang TK/SD dan Pendidikan Luar Biasa, Dinas Pendidikan Jatim, Nuryanto, peserta UN tingkat SDLB sebanyak 267 siswa. Jumlah itu terbagi dalam 3 kriteria yaitu Tuna Netra 36 siswa, Tuna Rungu Wicara 219 siswa, dan Tuna Daksa sebanyak 12 siswa.

"Sedangkan yang hanya mengikuti ujian sekolah sebanyak 716 siswa," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement