Selasa 24 Apr 2012 11:03 WIB

Inilah Musuh Besar Pencernaan Anda

Selain bermanfaat untuk kesehatan, cokelat juga bisa bermasalah terhadap pencernaan, terutama bagi mereka yang alergi susu.
Selain bermanfaat untuk kesehatan, cokelat juga bisa bermasalah terhadap pencernaan, terutama bagi mereka yang alergi susu.

REPUBLIKA.CO.ID, Teorinya, Anda dapat mencerna makanan atau minuman apa pun yang masuk dalam mulut. Namun, ternyata segala yang masuk dalam tubuh berdampak pada pencernaan. Ini karena perut dan pencernaan kita tidak selalu merespons baik segala sesuatu yang kita santap. Yang terbaik adalah menghindari sejumlah makanan berlemak yang dapat memperburuk kerja perut. Untunglah, alam juga menyediakan makanan yang menjadi sahabat baik untuk pencernaan. Ini daftar makanan yang menjadi musuh besar pencernaan Anda:

 

Makanan tinggi lemak dan gorengan

Makanan seperti ini bisa mengacaukan kerja perut karena memicu peningkatan asam dan memicu peradangan jantung. Makanan tinggi lemak juga memicu steatorrhea atau kelebihan lemak dalam feses. Banyak orang yang mengalami sembelit harus menghindar dari makanan tinggi lemak seperti mentega dan krim karena menyebabkan masalah pencernaan.

Cabai

Makanan pedas juga memicu sakit peradangan jantung. Ini juga akan menjadi masalah untuk orang yang mengalami sindroma pencernaan atau menderita sakit peradangan jantung kronis.

Produk susu
Anda butuh kalsium dalam asupan makanan. Cara mudah untuk mendapatkan ini adalah lewat produk olahan ini seperti susu dan keju. Namun, untuk mereka yang tak tahan terhadap lactose, produk serupa akan memicu diare, kembung, dan kram perut.
Tak tahan lactose dapat terjadi ketika seseorang tak memiliki cukup lactase, enzim yang mampu mengurai lactose atau zat gula yang ditemukan dalam susu. Jika Anda juga tak tahan terhadap lactose, sebaiknya jauhi produk olahan susu itu.
Alkohol
Cairan ini akan memicu peradangan jantung dan meningkatkan asam lambung. Menenggak alkohol juga memicu masalah perut, mengacaukan produk enzim, dan mengganggu penyerapan gizi. Terlalu banyak alkohol juga membuat diare dan kram.
Cokelat
Ternyata, cokelat juga bisa memicu masalah konstipasi atau sulit buang air besar serta sindroma pencernaan. Namun, untuk orang yang alergi terhadap susu, masalahnya boleh jadi bukan pada cokelat, melainkan susu yang terkandung dalam cokelat itu. Belum lagi cokelat juga mengandung kafein yang bisa memicu kram, kembung, dan diare.
Kopi, teh, dan minuman ringan
Minuman seperti ini ampuh juga memicu asam lambung. Belum lagi minuman ini bersifat diuretic yang bisa juga menyebabkan diare dan kram. Minuman berkafein juga bikin masalah lambung.
Jagung
Serat dalam jagung memang bermanfaat. Namun, jagung juga mengandung selulose, tipe serat yang tak mudah diurai oleh manusia karena kurang enzim tertentu. Bila tidak benar mengunyah, butiran jagung akan menimbulkan gas dalam lambung serta sakit perut.

 

sumber : Health.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement