Sabtu 21 Apr 2012 19:20 WIB

Tim Putri Indonesia Gagal ke Semifinal Asia

Voli Pantai (ilustrasi)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Voli Pantai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Tim voli pantai putri Indonesia gagal melangkah ke semifinal 'Asia Pacific Beach Volleyball Tournement 2012' di Kompleks 'Jakabaring Sport City', Palembang, Sabtu, setelah semua kalah di babak perempatfinal.

Pasangan Indonesia I, Putu Dini Jasita/Dhita Juliana di babak perempatfinal harus menyerah dari pasangan Australia II, Artacho Del Solar/Laird melalui pertarungan ketat tiga set, yaitu, 21-18, 14-21 dan 12-15.

Sedangkan pasangan Indonesia II, Ayu Cahyaning Siam/Fitri Wijayanti, juga mesti mengakui keperkasaan pasangan Thailand I yang juga unggulan pertama di kejuaraan ini, yakni, Usa Tenpaksee/Jarunee Sannok, dengan dua set langsung 21-11, 21-12.

Dengan gagalnya dua pasangan ini, target masuk babak semifinal kejuaraan 'Asia Pacific Beach Volleyball Tournement 2012' batal terwujud.

Hanya saja, meburut pelatih Indonesia, Agus Salim, melalui turnamen ini, banyak hal yang dapat diraih demi peningkatan kemampuan atlet.

"Mereka masih kalah mental dengan lawan-lawannya. Dampaknya mereka sering melakukan kesalahan sendiri dan langsung dimanfaatkan oleh lawan," katanya. Dikatakannya, khusus pasangan Indonesia I, Putu/Dhita, seharusnya mampu mengatasi pasangan Australia II.

"Terbukti di set pertama mampu menang, meski harus menjalani pertandingan yang ketat," ungkapnya. Kondisi bagus di set pertama, lanjutnya, ternyata tidak lagi efektif di set kedua.

"Pasangan lawan pada pertandingan ini mengubah pola permainannya, dari menyerang ke bertahan. Australia memang lebih cerdik. Mereka bertahan dan melakukan penempatan bola yang bagus. Berbeda dengan Indonesia yang banyak melakukan kesalahan sendiri," kata mantan atlet Timnas voli itu.

Pengalaman ini, menurutnya, akan segera dievaluasi menyeluruh, karena kejuaraan tersebut merupakan proses seleksi atlet menuju 'Asian Beach Games' (ABG) di Haiyang, Cina.

Di babak semifinal yang rencananya digelar Minggu (22/4) besok, akan mempertemukan pasangan dari dua negara saja. Yaitu, pasangan Thailand I, Usa Tenpaksee/Jarunee Sannok menghadapi Australia I, Clancy/Hynes. Kemudian, Thailand II, Varapasorn Radarong/Tanaratta Udomchavee versus Australia II, Artacho Del Solar/Laird.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement