Jumat 20 Apr 2012 19:32 WIB

UGM Buka Program S2 Geografi untuk Guru SMA

Kampus UGM Yogyakarta/Ilustrasi
Foto: Republika
Kampus UGM Yogyakarta/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membuka program strata dua (S2) bagi guru bidang studi geografi pada jenjang sekolah menengah atas (SMA).

"Program itu merupakan wujud komitmen kami terhadap pengembangan sumber daya manusia guru geografi tingkat sekolah menengah atas (SMA)," kata Dekan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), Suratman di Yogyakarta, Jumat (20/4).

Suratman menjelaskan, pembukaan program itu bertujuan untuk mempercepat peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia para guru geografi tingkat SMA. Selain itu, kata dia, program yang khusus diselenggarakan untuk guru itu merupakan bagian dari diseminasi dan penyebaran ilmu pengetahuan geografi.

Selama ini, masih terdapat gap yang besar antara pengetahuan ilmu geografi di tingkat pendidikan dasar dan menengah dengan ilmu pengetahuan geografi di tingkat perguruan tinggi. "Bagi para guru, program strata dua (S2) geografi sangat berguna untuk pengembangan materi pendidikan dan pengajaran ke depan dan mendukung proses sertifikasi bagi para guru," katanya.

Ia menilai, para guru diharapkan bisa mendapatkan kemudahan dalam sertifikasi karena program studi yang diambil di S2 sejalan dengan program studi S1-nya. "Sebagai bukti keseriusan pengembangan sumber daya manusia guru tersebut Fakultas Geografi menjalin kerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi Yogyakarta," katanya.

Selain membuka program kuliah jenjang S2 bagi guru geografi SMA, kata dia, juga direncanakan adanya pelatihan, pendampingan penyusunan kurikulum geografi SMA, dan pembentukan laboratorium geografi pada jenjang SMA.

Ia mengatakan, kegiatan lain yang juga disepakati adalah kunjungan siswa SMA ke Fakultas Geografi UGM dan program sosialisasi ilmu geografi. "Selain itu, juga 'roadshow' dari Fakultas Geografi UGM ke SMA-SMA yang bertujuan untuk memberikan pengenalan sejak dini tentang kegeografian," kata Suratman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement